JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Jus Jambu Biji, Mengandung Vitamin C Lebih Banyak dari Jeruk

jus jambu biji
Ilustrasi jus jambu biji
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pohon jambu biji merupakan tanaman tropis yang masa berbuahnya tidak mengenal musim. Buah jambu biji jika sudah matang berasa manis dengan tekstur yang sedikit gurih.

Lazimnnya buah jambu biji dikonsumsi dalam bentuk jus, meskipun dimakan langsung juga bisa. Minum jus jambu biji memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Dilansir dari itcstore.in, jus jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya vitamin C, hampir dua kali lipat jeruk. Minuman yang satu ini juga memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Karena itu, jus jambu biji menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:

1. Menurunkan kadar gula darah

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Dilansir dari Healthline, jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah dan memperlambat pengosongan lambung dan membantu penyerapan glukosa usus, sehingga kadar gula darah terkontrol dan meminimalisir kenaikan gula darah secara drastis.

2. Menyehatkan sistem pencernaan

Jambu biji adalah sumber serat yang dapat membantu pencernaan dan meredakan masalah dan penyakit akibat masalah pencernaan. Jus jambu biji secara alami bermanfaat bagi sistem pencernaan.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Jambu biji adalah sumber serat alami yang baik untuk tubuh. Sebuah studi pada 2011 dari National Library of Medicine (NLM) terhadap setengah juta orang berusia 50 hingga 71 tahun menunjukkan bahwa serat makanan menurunkan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, infeksi, dan pernapasan sebesar 24 persen.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Selain itu, melansir shape.com, sifat antibakteri dalam jambu biji mengurangi pertumbuhan bakteri dan sering digunakan untuk mengobati batuk dan gusi bengkak, plus bertindak sebagai agen anti-virus untuk mencegah infeksi. Kandungan vitamin C dalam jambu biji telah terbukti meningkatkan penyerapan zat besi.

4. Sumber energi

Dikutip dari itcstore.in, jambu biji adalah makanan rendah kalori sehingga konsumsi jus jambu biji adalah cara ideal untuk mengisi kembali energi. Jus jambu biji dapat dimasukkan dalam makanan seperti sarapan, makan siang, atau bahkan sebagai camilan malam.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com