JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Resmikan Solo Techno Park di Solo, Airlangga Hartarto: STP Jadi Ikon Talenta Kreatif

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat meresmikan Solo Techno Park, Senin (6/2/2023) / Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meresmikan Solo Tehno Park (STP), Senin (6/2/2023). Dalam sambutannya, Airlangga menyebut STP menjadi salah satu ikon talenta kreatif.

“STP merupakan kawasan berorientasi transformasi digital dan sumber daya alam, sumber daya manusia. Dan STP menjadi salah satu ikon untuk talenta-talenta kreatif dan saya minta kepada Shopee untuk mendorong ini, tinggal pengembangan SDM-nya,” ujarnya.

Airlangga menambahkan, transformasi digital menjadi kunci percepatan pemulihan ekonomi nasional. Dalam hal ini, Indonesia menjadi pemain utama teknologi digital, karena 40 persen total transaksi di ASEAN berasal dari Indonesia.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

“Ekonomi digital di Indonesia yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2018 sesuai dengan perencanaan nilai penjualan bruto ekonomi digital ditargetkan sebesar 77 miliar dolar AS. Sedangkan pada tahun 2025 diperkirakan mendekati 130 miliar dolar AS, dan tahun 2030 bisa mencapai 220-360 miliar dolar AS. Dalam hal ini, STP mengambil peranan penting terkait pengembangan sektor ekonomi digital,” imbuhnya.

Menurut Airlangga, pengembangan sains dan teknologi yang menjadi fokus STP menjadi sangat penting karena menjadi nilai tambah pada Kementerian Perindustrian.

Baca Juga :  Peringati Hari Konsumen Nasional, Paknas Gelar Diskusi Reposisi Hak Konsumen Tembakau

Di sisi lain, Kota Solo mempunyai peran strategis dalam menjadi kota industri kecil, menengah, jasa selama 15 tahun terakhir.

“Pertumbuhan ekonomi di Solo ditargetkan mencapai 5,8 persen dengan angka inflasi saat ini 0,32 persen. Selamat pak wali, pastinya luar biasa juga dan saya ucapkan terima kasih pada pak wali kota dan pemerintah Jawa Tengah yang terus menekan angka inflasi,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com