JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Saat 3 Bandit Beda Daerah Bertemu. Langsung Susun Siasat Jahat, Bikin Aksi Merajalela dari Sragen Sampai Ngawi

Ilustrasi pencurian ternak sapi diangkut pakai mobil. Foto/JSnews
   

SRAGEN, JOGLOSARNEWS.COM – Polres Sragen menggasak komplotan pencuri spesialis ternak kambing dan sapi. Mereka beraksi dengan menggunakan mobil rental untuk mengangkut ternak curian baik sapi maupun kambing.

Komplotan yang terdiri dari tiga orang itu ternyata berasal dari daerah yang berbeda.

Mereka masing-masing berinisial AH alias Pakde (48) warga Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, kemudian R (21) warga Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, dan GS alias Thole (31) warga Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar.

Awalnya mereka bertemu kemudian berkumpul dan menyusul siasat jahat untuk berkomplot melakukan pencurian.

Aksi komplotan pencurian hewan ternak itu terungkap setelah beraksi membobol salah satu bengkel dan menggasak puluhan oli dan sparepart yang berlokasi di Sambungmacan, Sragen pada Selasa (17/1/2023) lalu.

Baca Juga :  Harga Gas Melon di Sragen Naik 100% Jadi Rp 30.000 Selama Idul Fitri, Politikus Nasdem Bongkar Penyebabnya

Pelaku berjumlah tiga orang itu mengendarai mobil Daihatsu Luxio bernomor polisi AD-1496-NK saat beraksi.

Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama melalui Penyidik Satreskrim Polres Sragen, Iptu Mu’alim mengatakan ketiga pelaku berasal dari tiga kota yang berbeda-beda.

“Ketika diamankan, di dalam mobil tersebut ternyata tidak hanya ada barang bukti berupa puluhan botol oli dan sparepart saja, melainkan juga terdapat 5 ekor kambing. Setelah berkumpul, kemudian mereka keliling mencari sasaran sampai ke Ngawi, Jawa Timur,” ungkapnya, Kamis (26/1/2023).

Beraksi Lintas Daerah

Menurut Iptu Mu’alim, aksinya itu sudah direncakan sejak berkumpul di Kartasura dan Kabupaten Sukoharjo.

Sementara, di Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi, pelaku mengambil 2 ekor kambing.

Wakapolres Kompol Iskandarsyah didampingi Penyidik Satreskrim Iptu Mualim dan Kasi Humas Iptu Ari Pujiantoro saat konferensi pers. Foto/Wardoyo

Kemudian, aksinya berlanjut ke Sambungmacan dan Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen dan sukses menggondol 3 ekor kambing.

Baca Juga :  Tanpa Restu Bapak, Untung Wina Sukowati Calon Bupati Sragen 2024 Nekat Maju Lewat Partai Demokrat: Ini Tekat Saya Sendiri

“Mereka memang menyasar kandang-kandang warga, hewan ternak hasil curian dimasukkan ke dalam mobil, mobil tersebut juga merupakan mobil rental, yang plat nomornya diganti saat beraksi,” terangnya.

Pelaku atas inisial R dan AH merupakan residivis dari kasus yang sama, yakni pencurian ternak.

Polisi kini tengah mengembangkan kasus ini, karena di wilayah lain seperti Sukoharjo, Wonogiri dan Karanganyar juga terdapat laporan pencurian ternak.

“Selain di Sragen. Diduga ketiganya juga beraksi di Wonogiri, Grobogan, di Gunung Kidul ada yang kehilangan 2 sapi, tapi belum bisa dipastikan bahwa dia pelakunya, kita masih dalami,” imbuhnya.

Atas perbuatanya. Ketiga pelaku kini sudah ditahan di Mapolres Sragen, dan dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com