JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Trenyuh Dengar Maestro Karawitan Sragenan Mbah Karno KD Sakit-Sakitan, Sriyanto Saputro Langsung Datang Penuhi Permintaan Terakhir

Anggota DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro (tengah) saat berpose bersama maestro karawitan Sragenan, Mbah Karno KD dan grup karawitan Sekar Puri binaan Mbah Karno seusai rekaman lagu-lagu Mbah Karno, Minggu (5/2/2023) malam. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masih ingat Mbah Karno KD (83), maestro karawitan gaya Sragenan asal Ngarum RT 3/2, Ngrampal, Sragen.

Kabar terbaru, kesehatan maestro yang merintis dan mencipta lagu karawitan Sragenan itu kini dalam kondisi agak menurun.

Di tengah kondisinya yang sakit-sakitan, Mbah Karno ternyata memiliki mimpi dan permintaan terakhir terkait Senin karawitan.

Nah, kondisi Mbah Karno itu langsung memantik empati dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Partai Gerindra, Sriyanto Saputro.

Sriyanto yang beberapa waktu lalu pernah menggelar serap aspirasi bersama karawitan Mbah Karno KD, tergerak untuk kembali hadir mengunjungi sang maestro.

Bersamaan dengan agenda serap aspirasi warga melalui program Mesem (Mider Saben Minggu) yang ia jalankan, ia menyambangi Mbah Karno, Minggu (5/2/2023) malam.

Kehadirannya langsung disambut hangat Mbah Karno KD dan grup karawitan Sekar Puri binaan Mbah Karno.

Tak hanya sekadar menyambangi kondisi Mbah Karno, kehadiran Sriyanto ternyata juga untuk memenuhi permintaan terakhir Mbah Karno.

Yakni, ingin lagu-lagu Sragen gubahan Mbah Karno diabadikan dalam rekaman bersama Sriyanto.

“Iya, malam ini kami ingin silaturahmi dengan warga Ngarum untuk menyerap aspirasi. Secara khusus, kami ingin menyambangi Mbah Karno KD bersama kelompok karawitan asuhan beliau. Karena beliau ini pencetus karawitan gaya Sragenan,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (5/2/2023) malam.

Baca Juga :  Kronologi Penangkapan Pelaku Pencurian Dinamo Pompa Air Petani di Sragen Oleh Tim Macan Putih Satreskrim Polres Sragen, Pelaku Sudah 18 Kali Melakukan Aksi di Wilayah Sragen dan Karanganyar

Permintaan Terakhir

Legislator asal Dapil Sragen, Karanganyar, Wonogiri itu menuturkan kehadirannya juga tergerak karena sebelumnya mendengar kabar kondisi kesehatan Mbah Karno KD sering sakit-sakitan.

Bahkan kepada anak anaknya, beliau sudah berpesan sebelum meninggal agar karya- karyanya diabadikan dalam rekaman.

Mendengar hal itu, Sriyanto sontak langsung berkunjung ke Sanggar Mbah Karno KD untuk mewujudkan permintaan rekaman itu.

“Khusus malam ini kita adakan rekaman gending gending ciptaan Mbah Karno, mumpung beliau masih sehat. Harapannya hasil karyanya ini semakin dikenal lebih luas. Kalau lagu ciptaan beliau yang paling hits adalah Rewel. Itu lagu luar biasa,” urainya.

Anggota DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro (tengah) saat berpose bersama maestro karawitan Sragenan, Mbah Karno KD seusai rekaman lagu-lagu ciptaan Mbah Karno, Minggu (5/2/2023) malam. Foto/Wardoyo

Sriyanto berharap, dengan rekaman tersebut bisa mempopulerkan lagu-lagu Jawa khas Sragenan ciptaan Mbah Karno.

Apalagi saat ini lagu Sragenan sudah sangat melegenda di dunia musik di masyarakat Jawa.

“Jangan sampai nanti punah, jangan sampai anak cucu dan warga Sragen nggak tahu kalau Sragen juga sebagai gudang seni dan lagu. Maka dari itu saya sebagai wakil dari mereka apa lagi ini Dapil saya, saya punya kewajiban mendukung semua dan agar Mbah Karno terus berkarya, semangat dan sehat selalu,” terangnya.

Baca Juga :  Siap-siap! Bupati Yuni Ajak Masyarakat Hormati Hasil Pemilu dan Bersiap untuk Pilkada 2024 Cari Tahu Calon Bupati dan Wabup Sragen

Diketahui, Mbah Karno KD merupakan seniman dan pencipta lagu lagu hits Sragenan yang sejak dulu karya- karyanya dinikmati masyarakat luas.

Beberapa lagu lagu jawa khas Sragenan yang melegenda dan berhasil direkam bersama Sriyanto Saputro yaitu Angkleng Sukowati, Rewel, Ireng Manis, Bayangan, Jeruk Jinggo, Waduk Gajah Mungkur.

Ciptakan Lagu Khusus

Kemudian Loro Ati, Ronggeng Gunung, Gondol Wewe, Angkleng hingga Jamu Jowo. Bahkan dalam kesempatan tersebut, Mbah Karno KD menciptakan lagu khusus untuk Sriyanto Saputro berjudul Angkleng Sukowati.

“Angkleng itu kan keluyuran ngubengi Sukowati, kayak Pak Sri lha itu memang saya khususkan untuk Pak Sri, kan tadi lagunya pak Sriyanto pilihane, itu tadi nggak lama nyiptakannya spesial untuk Pak Sri,” ujar Mbah Karno.

Anggota DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro (tengah) saat hadir dalam rekaman bersama grup karawitan binaan Mbah Karno KD Minggu (5/2/2023) malam. Foto/Wardoyo

Ia juga berharap setelah rekaman dan kunjungan langsung dari Sriyanto Saputro, seni karawitan Sragenan kembali disenangi dan dinikmati masyarakat luas.

“Khususnya karawitan di Sragen bisa hidup subur sampai akhir jaman. Saya punya harapan karawitan tidak dinikmati oleh orang orang tua semoga para pemuda pelajar sudah mulai seneng dengan karawitan ini tinggalan dari nenek moyang kita sendiri,” pungkasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com