JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Hujan Terus Menerus di Karanganyar,  8 Tebing Longsor dan 1 Jembatan Darurat  Ambrol

Kondisi jembatan di Karanganyar yang ambrol karena terjadinya hujan terus menerus di awal puasa ini / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Hujan yang terjadi setiap hari di awal bulan ramadan 1444 H, menyebabkan terjadinya  bencana longsor di s ejumlah desa di Kabupaten Karanganyar.

Tercatat hujan yang terjadi Jumat (24/3/2023) mengakibatkan delapan tebing di Desa Dayu, Karangpandan longsor, sedangkan di Kecamatan Tawangmangu, jembatan darurat di Kelurahan Nglurah ambrol tergerus air.

Tidak hanya itu, hujan Jumat malam (24/3/2023) mengakibatkan pohon tumbang dan mengenai tiang listri tiga pase di Desa Nglegok, Kecamatan Ngargoyoso.

Kades Dayu, Karangpandan Sumardi (50) mengatakan hujan Jumat malam berlangsung dari sore hingga malam hari atau sekitar lima jam.

“Hujan itu dari sore sampai pukul 12 malam belum reda sehingga di Dusun Tlogo Desa Dayu, Karangpandan serta dua desa tetangga yakni Desa Dukuh dan Desa Nglegok Kecamatan Ngargoyoso terjadi banyak tebing dan talud longsor,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (25/3/2023).

Meski demikian lanjut Sumardi tidak ada korban jiwa karena tidak ada yang mengenai rumah warga.

Sementara itu Camat Tawangmangu Eko Joko Widodo mengatakan, hujan deras Jumat malam (24/3/2023) mengakibatkan jembatan darurat di Kelurahan Nglurah, ambrol karena tanah tergerus air.

Dampak fatalnya akses utama untuk roda empat terputus karena hanya bisa dilintasi roda dua saja.

“Dengan ambrolnya jembatan darurat ini terpaksa kendaraan roda empat tidak bisa melintas dan harus memutar arah,” ungkap Camat Tawangmangu Eko Joko Widodo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Namun demikian,  untuk roda dua yang melintas pun disarankan tetap harus  berhati-hati karena resiko tinggi jika hujan masih berlangsung menyebabkan terjadinya ambrol susulan.

“Imbauan kami sebaiknya dihindari melintas dijembatan darurat tersebut sebab longsor bisa terjadi setiap waktu jika tanah tergerus air hujan,” pungkasnya.

Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagoes Darmadi mengimbau semua warga di daerah rawan longsor waspada terhadap hujan yang terjadi terus menerus sejak awal puasa hingga Sabtu (25/3/2023).

“Karanganyar ini kan terdapat daerah rawan longsor maka mohon semua saja waspada saat hujan karena musibah tiba-tiba saja bisa terjadi,” ungkap Bagoes Darmadi. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com