JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini Beberapa Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Berpuasa

Ilustrasi bau mulut. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Selama menjalankan puasa Ramadan, terkadang kondisi tubuh tidak seperti yang diharapkan, yaitu selalu bugar. Terjadi perubahan di dalam tubuh kadang membuat sedikit tidak nyaman, salah satunya adalah mulut terasa pahit.

Mulut terasa pahit saat puasa disebakan oleh banyak faktor, kondisi tersebut wajar dan tidak berbahaya.

Berikut ini beberapa penyebab mulut terasa pahit saat berpuasa:

1. Produksi Air Liur Berkurang

Saat berpuasa biasanya produksi air liur akan berkurang, hal tersebut bisa memicu munculnya rasa mulut pahit. Dilansir dari Healthline, dalam dunia medis kondisi tersebut dinamakan xerostomia atau mulut kering. Xerostomia juga menjadi biang keladi dari mulut bau dan nafas menjadi tidak sedap. Xerostomia didukung oleh faktor lain seperti merokok, penggunaan obat tertentu, dehidrasi, ataupun penyakit autoimun.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

2. Kurangnya Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi juga sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Jika kurang asupan nutrisi seperti vitamin dan mineral dapat membuat mulut terasa pahit, sehingga sebaiknya perbanyak konsumsi makanan mengandung nutrisi khususnya vitamin B-12 dan Zinc.

3. Efek Samping Obat

Obat yang Anda konsumsi dapat memberikan berbagai efek samping seperti mulut terasa pahit. Berbagai obat dengan efek samping tersebut diantaranya adalah antibiotik, obat tidur, obat diabetes, obat osteoporosis, obat jantung, dan obat kanker.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

4. Penyakit Gigi dan Gusi

Masalah pada gigi dan gusi juga turut membuat mulut Anda terasa pahit, sehingga Anda harus melakukan perawatan gigi dengan baik dan benar. Beberapa kondisi yang menyebabkan sakit gigi seperti karies gigi, radang gusi (gingivitis), hingga infeksi gusi (periodontitis).

5. Asam Lambung

Penyakit asam lambung ternyata juga bisa membuat mulut terasa pahit, penyakit gastroesophageal reflux disease ini terjadi karena cairan asam lambung yang bocor lalu naik hingga kerongkongan dan menimbulkan rasa pahit pada mulut. Tak hanya menimbulkan mulut pahit, namun juga bau tak sedap pada mulut.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com