JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Keren, ini Dia 4 Tempat Padusan di Wonogiri yang Sejuk Asri Makcless

Air Terjun Setren
Air Terjun Setren Girimanik. Dok. Humas Pemkab Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tradisi padusan hingga kini masih membudaya di kalangan masyarakat Jawa dan daerah lain namun dengan penyebutan yang berbeda.

Tradisi padusan pada prinsipnya adalah mandi untuk menyucikan diri menjelang datangnya puasa Ramadhan. Tak ayal masyarakat kemudian berbondong bondong mendatangi tempat padusan yang berupa sungai, danau, atau pantai.

Nah sebagai panduan berikut ini ada tempat padusan di Wonogiri. Dijamin tempat padusan di Wonogiri ini asri, sejuk,dan airnya makcless sehingga cocok untuk mandi menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Untuk diketahui tempat padusan di Wonogiri ini lokasinya super komplit. Ada yang berupa sungai, air terjun, hingga pantai.

Sebenarnya banyak tempat padusan di Wonogiri. Namun kali ini kami sajikan 4 lokasi yang mudah dijangkau kendaraan roda empat maupun roda.

Langsung saja ini dia 4 tempat padusan di Wonogiri.

1. Kahyangan Dlepih Tirtomoyo

Yang pertama ada Kahyangan Dlepih Tirtomoyo. Berada di lembah Desa Dlepih Tirtomoyo Wonogiri dan menjadi petilasan Panembahan Senopati.

Baca Juga :  Launching Film Lembah Manah Asli Karangtengah Wonogiri, Apik dan Epik Meski Low Budget Crew dan Peralatan Terbatas

Di Kahyangan Dlepih Tirtomoyo ini kita disuguhi aliran sungai nan jernih berpadu bebatuan aneka ukuran.

Namun tetap hati hati jika berkunjung ke Kahyangan Dlepih Tirtomoyo Wonogiri. Pasalnya acapkali bebatuan licin hingga bisa membuat terjatuh.

Selain itu mesti menjaga norma dan ketentuan yang ditetapkan selama berada di Kahyangan Dlepih Tirtomoyo Wonogiri.

2. Air Terjun Setren Girimanik Slogohimo

Air terjun ini ada di lereng selatan Gunung Lawu. Air terjun Girimanik di Desa Setren, Kecamatan Girimarto. Berjarak sekitar 50 kilometer arah timur laut Kota Wonogiri.

Menurut Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto, ketika melewati jalur menuju air terjun, kita disuguhi pemandangan khas pegunungan. Ada aliran sungai, hamparan sawah, hingga hijaunya sayuran yang dibudidayakan warga setempat.

3. Pantai Nampu Paranggupito

Pantai Nampu ada di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, sekitar 75 kilometer arah selatan kota Wonogiri. Debur ombak Samudra Indonesia bertemu hamparan pasir putih dan tebing terjal perbukitan karst, nan elok dipandang mata. Ditambah rimbunnya tanaman pandan duri yang berada di samping kanan dan kiri tangga menuruni tebing menuju pesisir.

Baca Juga :  25 Sekcam di Wonogiri Terima Motor Yamaha Aerox 155, Telan Anggaran 695 Juta

Kala itu, Camat Paranggupito Sulistyani menerangkan Pantai Nampu ini dilindungi tebing cukup tinggi. Ada tugu penanda batas antara wilayah Wonogiri dan Pacitan Jatim di pantai ini.

Hati hati sebelum berada di lingkungan Pantai Nampu. Lihat informasi apakah ombak aman atau tidak ya.

4. Pantai Sembukan Paranggupito

Pantai Sembukan berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito. Pantai Sembukan juga sering menjadi lokasi pelaksanaan ritual masyarakat adat. Misalnya larung sesaji ketika bulan Suro.

Haryanto menyebutkan, tempat parkir cukup luas, fasilitas seperti toilet, rumah makan, dan tempat ibadah lengkap. Hanya beberapa menit dari Kantor Kecamatan Paranggupito.

Sama seperti Pantai Nampu, di Pantai Sembukan kita harus selalu memperhatikan kondisi alam. Selain itu ikuti apapun arahan dari petugas di sana. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com