JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Pembersihan Material Tanah Longsor Selesai, Jalan Cepogo-Jeruk Kecamatan Selo Dibuka Lagi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali bergerak cepat membersihkan material tanah longsor yang menutup jalan Cepogo-Jeruk, Kecamatan Selo pada Minggu (26/3/2023). Petugas juga menggunakan alat berat untuk mempercepat pembersihan. Istimewa
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pembersihan material tanah longsor yang menutup jalan Cepogo – Jeruk, Kecamatan Selo akhirnya selesai. Sehingga jalan di wilayah lereng Gunung Merbabu tersebut dibuka lagi untuk lalu lintas kendaraan pagi ini.

“Betul, tadi jam 05.00 jalan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua ataupun roda empat,” kata Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Rima Kusuma Prasetyaningrum, Senin (27/3/2023).

Sebelumnya, longsor di jalur penghubung dari Kecamatan Cepogo hingga Pantaran, Kecamatan Gladagsari itu terjadi pada Sabtu (25/3/2023) sore. Longsor terjadi di 25 titik terjadi setelah hujan lebat sejak siang hari. Baik longsor skala kecil hingga besar.

Baca Juga :  Pengusaha Kerajinan Tembaga di Boyolali Ini Tewas Bersimbah Darah di Rumahnya, Diduga Dibunuh dan Diseret

Dan pada Minggu (26/3/2023) pagi, tim BPBD Boyolali mengerahkan satu alat berat untuk menyingkirkan material longsoran yang menutup jalan itu. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD bersama relawan dan masyarakat bahu-membahu gotong royong membuka akses jalan tersebut.

Pembersihan dilakukan dari titik longsor paling bawah di Dukuh Kadipiro, Desa Genting, Kecamatan Cepogo. Kemudian berlanjut ke titik-titik berikutnya.

Baca Juga :  Minta Pekerjaan Tak Dikasih, Buldozer Pun Dibakar Lumat, Kini Pelaku Dibekuk Polisi Polres Boyolali

“Di titik ke-13 dan 14 Dukuh Kemangen, Desa Senden, Kecamatan Selo, panjang longsoran sekitar 25 meter, ketebalan 1 meter,” lanjutnya.

Meski jalan sudah bisa dilalui, pihaknya tetap mengingatkan warga yang melintas di jalan tersebut untuk tetap hati-hati dan waspada.

Pasalnya, lokasi bekas longsor mungkin masih ada sisa-sisa tanah yang membuat jalan licin. Jika tak hati- hati, pengendara bisa tergelincir.

“Kami minta masyarakat tetap waspada dan hati-hati. Juga berdoa agar semya sehat dan selamat.” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com