JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PKS Sebut, NasDem Ajukan Sejumlah Nama Cawapres Anies, Mulai dari Khofifah, Andika hingga Yenny Wahid

Bakal calon presiden 2024-2029 yang diusung PKS, Anies Rasyid Baswedan (tengah) didampingi Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua kiri), Wakil Ketua Majelis Syura Mohammad Sohibul Iman (kanan), usai pembacaan hasil keputusan Musyawarah Majelis Syuro VIII PKS di Jakarta, Kamis (23/2/2023) / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Partai NasDem, Demokrat dan PKS memang sudah resmi mengusung Anies Baswedan sebagai capres di 2024 mendatang.

Namun, proses selanjutnya masih panjang dan berliku, ketika harus menentukan Cawapres. Di satu sisi, Demokrat mencalonkan Ketumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan PKS mencalonkan Ahmad Heryawan (Aher).

Sementara di sisi lain, Partai NasDem mengajukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Eks Panglima TNI Andika Perkasa dan aktivis Nahdlatul Ulama Yenny Wahid menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies Baswedan.

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman. Hal itu diungkap Sohibul saat ditanya nama-nama cawapres yang bakal menjadi pendamping Anies Baswedan.

Baca Juga :  Hanya PDIP dan PKS yang Diprediksi Menjadi Oposisi bagi Prabowo-Gibran

Menurutnya, masing-masing Parpol yang tergabung dalam koalisi perubahan sejatinya telah mengajukan nama-nama yang layak menjadi cawapres dari Anies Baswedan.

“Ya kan sebetulnya nama-namanya udah beredar. Ya jelas dari PKS ada Kang Aher. Dari Demokrat ada AHY. Dari NasDem ada Bu Khofifah, bahkan juga sebelumnya ada Pak Andika. Kemudian ada juga Mbak Yenny, itu juga ada muncul,” ujar Sohibul di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

Ia menjelaskan bahwa ada pula pimpinan partai politik yang disebut akan merapat jika nantinya ditunjuk menjadi cawapres dari Anies Baswedan.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

“Ya tentu sekarang ada beberapa pimpinan partai yang ingin merapat. Yang mereka kemudian mensyaratkan ketua umumnya ingin menjadi cawapres. Ya itu nama-namanya,” jelasnya.

Namun begitu, dia masih enggan merinci terkait identitas ketua umum partai politik (Parpol) yang mengajukan diri menjadi cawapres dari Anies Baswedan.

“Ketum parpol di luar kita. Jadi di luar tiga ini kan ada partai yang juga berkomunikasi. Mereka mengatakan siap bergabung tapi ingin jadi cawapres kan ada juga,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com