JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Nutrisi dalam Melon yang Baik untuk Kesehatan

Kanit Dikyasa Polres Sragen, Ipda Sigit Krisyanto saat hadir dalam panen raya melon hasil program pendampingan Polantas Masuk Desa di Kricak, Padas, Tanon, Selasa (22/6/2021). Foto/Wardoyo
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Melon merupakan salah satu buah yang cukup favorit di saat bulan Ramadan. Melon merupakan sumber energi yang mengandung banyak air dan menyegarkan.

Mengutip WebMD, melon mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, vitamin B6, kalium, vitamin K, dan magnesium.

Selain itu dalam melon juga terdapat nutrisi dan senyawa yang beragam, seperti dikutip dari Healthline. Biji mengandung antioksidan, antara lain betakaroten (pro-vitamin A), phytoene, quercetin dan asam kafeat.

Manfaat nutrisi melon

Buah melon yang bobotnya 177 gram mengandung 60 kalori, 1,5 gram protein, 14,4 gram karbohidrat, 1,6 gram serat, 14 gram gula alami dan 0,3 gram lemak, dikutip dari Verywell Fit. Melon juga mengandung potasium, kalsium, magnesium, fosfor, seng, dan vitamin C, vitamin A, vitamin B9.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Kesehatan mata

Kandungan betakaroten seperti vitamin ada dalam wortel, yaitu lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa ini berguna untuk kesehatan mata, terutama di makula.

Mengendalikan tekanan darah

Kombinasi kalium tinggi dan natrium rendah melon, bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Melon juga buah yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Buah yang mengandung kalium berguna untuk penurunan risiko hipertensi dan stroke.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Kesehatan otak

Mengutip Livestrong, ahli nutrisi Andrew Akhaphong menjelaskan, makanan yang mengandung betakaroten meningkatkan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia. Betakaroten membantu kualitas memori, kecepatan pemrosesan konsentrasi.

Kesehatan kulit

Kandungan vitamin C melon melindungi kulit dari sinar ultraviolet tersebab radikal bebas yang menganggu kesehatan. Nutrisi ini menghasilkan kolage yang diperlukan untuk perbaikan dan kelenturan kulit.

Penyerapan zat besi
Melon memberikan 65 persen vitamin C. Menyantap melon dengan asupan tinggi zat besi bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah anemia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com