JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Merawat AC Rumahan Agar Tetap Dingin dan Bersih

Ilustrasi ruangan ber AC. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Air conditioner (AC) merupakan alat untuk mendinginkan ruangan, baik di perkantoran maupun rumah pribadi. Pemasangan AC bertujuan untuk membuat ruangan semakin nyaman untuk ditempati.

Saat sudah terpasang dan digunakan, banyak orang melupakan, bahwa AC memerlukan perawatan.

Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk merawat AC agar tetap berfungsi baik dan dapat mendinginkan ruangan?

Berikut ini adalah lima tips merawat AC, dikutip dari laman Mitsubishi Electric.

1. Memeriksa freon

Freon merupakan pendingin pada AC. Jika AC kekurangan freon, maka AC tidak dapat untuk mendinginkan ruangan dengan baik. Oleh karena itu, ketika Anda merasa bahwa AC sudah tidak terlalu dingin, Anda dapat mengecek freon AC dengan memanggil teknisi.

2. Membersihkan kondensor

Ketika Anda memebrsihkan AC, pastikan juga Anda membersihkan kondensor yang berada di luar ruangan. Hal ini supaya kotoran dan debu tidak menyumbat sirip pendingin AC. Jika kondensor kotor, maka AC tidak dapat menyejukkan udara dengan maksimal. Cara membersihkan kondensor pun cukup mudah, Anda dapat menggunakan sikat yang lembut atau vakum untuk membersihkannya.

3. Membersihkan penyaring

Penyaring AC yang kotor tidak hanya menghambat performa AC, tetapi juga dapat memengaruhi konsumsi energi listrik yang digunakan. Oleh karena itu, disarankan Anda untuk membersihkan penyaring AC satu bulan sekali.

4. Periksa evaporator

Pada AC, evaporator memiliki fungsi untuk menyerap hawa panas dari udara yang ada pada ruangan. Salah satu tanda bahwa evaporator AC tidak bekerja dengan baik adalah tidak adanya udara dingin yang berhembus dari AC. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus membersihkan evaporator dengan kain basah supaya AC dapat bekerja kembali.

5. Matikan AC jika tidak digunakan

Ketika Anda sedang bepergian meninggalkan rumah dalam waktu lama, pastikan AC Anda sudah dimatikan. Bisa juga dengan mencabut colokan listrik AC ke stop kontak dinding. Hal ini dilakukan dengan tujuan mencegah konsumsi energi listrik yang berlebihan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com