JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Membanggakan! 48 Siswa SMAN 1 Karanganyar Masuk Universitas Favorit Se-Indonesia Lewat Jalur SNBP 2023

Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMA 1 Karanganyar bersama sejumlah siswanya. Foto: dok
   

 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM —Keberadaan SMAN 1 Kabupaten Karanganyar, Jateng, sebagai sekolah berprestasi memang tak pernah diragukan lagi. Tahun ini sebanyak 48 siswa SMAN 1 Karanganyar lulus masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia melalui jalur undangan atau dikenal dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) tahun 2023.

Bahkan, dari 48 siswa yang lolos SNBP itu sebanyak 12 siswa masuk Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, 5 siswa diterima di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Lalu 1 siswa di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya  dan 1 siswa di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan 1 siswa diterima di Universitas Brawijaya (UniBraw) Malang.

Adapun sebanyak 26 siswa lainnya lulus masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo serta 1 siswa masuk Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan terakhir 1 siswa diterima di Universitas Tidar di Magelang.

Baca Juga :  Gagalkan Perang Sarung,  Polresta Solo Amankan  11 Remaja

Kepala Sekolah SMAN 1 Karanganyar, Dra Suliyastuti MM mengatakan ada kenaikan dibandingkan tahun 2022 jumlah siswa SMAN 1 Karanganyar yang lolos PTN via jalur SNBP tahun 2023. “Untuk siswa SMAN yang lolos PTN melalui jalur SNBP sebanyak 48 siswa atau naik dibandingkan tahun 2022 sebanyak 42 siswa,” ungkapnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (1/4/2023).

Dari jumlah 48 siswa tersebut, lanjut Suliyastuti, terdiri dari 25 siswa dari kelas IPA dan sebanyak 23 siswa dari kelas IPS. “Untuk siswa kelas IPS yang lulus masuk PTN melalui jalur SNBP tahun ini  juga meningkat dari tahun 2022 sebanyak 13 orang sedangkan tahun 2023 naik menjadi 23 orang atau ada kenaikan sebanyak 10 siswa,” pungkasnya.

Sementara itu Waka Humas SMAN 1 Karanganyar,  Endang Sri Lestari, S.Si. MPd mengatakan secara statistik penyebaran jumlah

Baca Juga :  Mengunjungi Masjid Laweyan, Masjid Yang Dulunya Bekas Pura bagi Umat Hindu

siswa SMAN 1 Karanganyar yang lulus PTN via jalur SNBP tahun ini lebih luas. Yakni bisa diterima di semua universitas favorit di luar kota mulai dari Jogja, Semarang, Surabaya dan Malang.

“Kami bersyukur atas keberhasilan siswa SMAN 1 Karanganyar yang mana trend tingkat kelulusan diterima di universitas favorit terus meningkat baik jumlahnya dan penyebarannya,” tandas Endang Sri Lestari.

Lebih lanjut Endang Sri Lestari yang tengah menempuh

Program Doktor (S3) Pendidikan IPA di UNS tersebut menjelaskan sebagai sekolah favorit, SMAN 1 Karanganyar selalu mendorong ketat agar siswa memiliki prestasi sehingga saat hendak melanjutkan kuliah bisa diterima diberbagai universitas favorit.

“Secara umum setiap penerimaan mahasiswa baru, Alhamdullilah hampir 90% siswa SMAN 1 lolos baik didalam kota maupun luar kota,” pungkas Endang Sri Lestari. (Beni Indra)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com