JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Perhatian, Jalur Tol Jogja-Solo Fungsional Hanya Dibuka Pagi-Sore Hari

Kondisi jalan Tol Yogyakarta-Solo fungsional dipastikan siap untuk dilalui pemudik. Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kondisi jalan Tol Yogyakarta-Solo fungsional dipastikan siap untuk dilalui pemudik. Namun jalan tersebut hanya dibuka pukul 06.00- 17.00. Jalur ini dimaksudkan untuk mengurai kepadatan di simpang tiga Kartasura, Sukoharjo.

Saat ini, jalur entrance Kartasura dan exit top Sawit atau STA 0+600 sampai STA 6 telah di cor beton. Kemudian menuju STA 7 telah lean concrete (LC). Diprediksi, kendaraan yang mengakses jalur tersebut mencapai 700- 1.000 kendaraan/hari.

Direktur Utama PT JMM Suchandra P Hutabarat menjelaskan, realisasi struktur jalan sudah 100 persen. Kondisi jalan dengan rigid pavement cor beton setebal 30 cm sepanjang 3,5 km. Sisanya 2,5 km telah dibuat LC setebal 10 cm.

“Nanti ada petugas yang terus memantau serta berhubungan lewat jalur komunikasi. Jalan bisa digunakan untuk dua lajur, namun, tidak untuk saling mendahului,” ujarnya disela pengecekan jalur tersebut, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga :  Meski Berstatus Terpidana Kasus Judi, Kades Tegalsari Boyolali Ini Tetap Terima SK Perpanjangan Jabatan

Dijelaskan, kendaraan yang melintas hanya diperuntukan golongan 1. Yakni, kendaraan kecil roda empat. Untuk memastikan kendaraan yang masuk sesuai peruntukannya, maka dipasang portal setinggi 2,1 meter.

Sehingga bus, truck dan lainnya tidak bisa lewat. Jalan yang digunakan hanya satu lajur disisi barat dan difungsikan one way. Dengan melewati jalan ini maka didapatkan efesiensi waktu. Jika normal jarak 6 kilometer bisa diakses dalam waktu 25 menit.

“Maka dengan tol, waktu bisa dipangkas menjadi 15 menit dengan kecepatan 40 km/jam.”

Namun demikian, pihaknya meminta agar pengemudi tetap jaga kondisi dan berhati-hati. Pengemudi juga diminta mengecek ketersediaan BBM. Karena dipastikan tidak ada SPBU portable di jalur fungsional ini.

Baca Juga :  Prosesi Pemulangan Jamaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Solo Tiba Minggu Dinihari

Namun, pihaknya menyediakan posko pantau di jalan tol. “Jalan ini kita buka dari 15 April – 24 April untuk arus mudik. Lalu arus balik pada 25 April – 1 Mei.”

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, Mohamad Agus Setiawan menambahkan, pembukaan jalur ini diharapkan bisa membantu kelancaran lalu lintas selama arus mudik dan balik. Terutama yang mengakses ke arah Klaten-Jogjakarta.
“Pengamanan, kami akan melibatkan dinas terkait dan kepolisian.”

Dia berharap Jasa Marga group bisa memberikan manfaat pada masyarakat melalui jalan tol fungsional ini. Sekaligus agar masyarakat mengetahui bahwa di wilayah Jogja-Solo dan Bawen -Jogja, tengah dilakukan pembangunan tol dan bisa dinikmati masyarakat. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com