JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Progres IKN Kian Nyata, Presiden Jokowi Kumpulkan Investor Potensial Usai Lebaran

Presiden Joko Widodo alias Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimulyo meninjau pembangunan rumah jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Nusantara (KIPP IKN), Kalimantan, Kamis (23/2/2023) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Progres pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) semakin maju. Salah satu yang terlihat, Presiden Joko  Widodo (Jokowi) hendak mengumpulkan invenstor potensial ingin menanamkan modal untuk pembanguna IKN usai lebaran 2023 nanti.

Dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, sebelumnya Presiden Jokowi telah memerintahkan untuk merinci peta IKN sehingga investor yang hendak membangun perumahan, maupun fasilitas pendukung lainnya di IKN dapat terpetakan.

“Tujuannya beliau akan segera mengumpulkan ‘potential investor’ yang ingin berinvestasi di IKN. Gunanya apa peta itu? Supaya beliau ditanya kalau ada investor yang mau membangun hotel, dimana itu lokasinya, ini berapa hektare ini, bikin rumah sakit ini, mau bikin universitas di situ, bikin lapangan golf di mana,” kata Basuki saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga :  Gugatan Sengketa Pilpres Ditolak MK Seluruhnya, Mahfud MD Legawa, Ucapkan Terima Kasih ke Pendukung

Basuki menjelaskan bahwa pihaknya sudah merinci peruntukan lahan di IKN, baik untuk hunian rumah, hunian vertikal, hutan kota, jalur hijau, komersial, olahraga, perkantoran pemerintah, pendidikan, peribadatan, fasilitas kesehatan, hingga taman.

Dengan rincian tersebut, investor potensial dapat memetakan letak fasilitas atau hunian yang akan mereka bangun.

Kementerian PUPR juga sudah menempatkan letak pembangunan dari para investor yang sudah mengajukan komitmen melalui “Letter of Intent” (LOI).

“Jadi ini ada tempat komersial, yang warna kuning itu permukiman dan komersial, yang biru-biru ini perkantoran. Jadi tujuannya itu beliau (Presiden) ngecek nanti setelah Lebaran beliau mudah-mudahan akan ke sana,” kata Basuki.

Baca Juga :  Dibanjiri Karangan Bunga Bernada Dukung Prabowo-Gibran, MK Tak Berani Pajang di Depan Gedung

Dari luas lahan untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN seluas 6.600 hektare, Kementerian PUPR mengalokasikan 63 persen luas lahan untuk kawasan hijau.

“Ini sudah semua peruntukannya lebih detil, yang hijauan ini ada 63 persen dari total 6.700 hektare, jadi masih dalam koridor ‘Smart Forest City’,” kata Basuki.

Basuki menambahkan lahan investasi di IKN ini dapat dibeli, namun ia tidak bisa merinci bentuk status kepemilikan lahan tersebut.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com