JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Sambut Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Karanganyar Berikan Zakat Rp 100 juta Kepada 187  Pejuang Pendidikan

Dirut RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, dr Aditia Nurcahyanto menyerahkan zakat sebesar total Rp 100 juta kepada 187 pejuang pendidikan di Karanganyar Selasa (18/4/2023) / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM RS PKU Muhammadiyah Karanganyar memberikan zakat kepada 187 orang pejuang pendidikan sebesar Rp 120 juta, Selasa (18/4/2023).

Pemberian zakat tersebut dilakukan secara langsung di halaman RS PKU Muhammadiyah dan dihadiri oleh Ketua PWM Jateng, Ketua PDM Karanganyar dan Majelis PKU PDM Karanganyar.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Karanganyar, dr. Aditiya Nurcahyanto, MARS mengatakan, pentahorufan zakat merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun menjelang lebaran.

Adapun penerimanya bervariasi, mulai dari anak yatim, duafa hingga pejuang pendidikan Muhammadiyah yang kurang mampu.

“Untuk jumlah zakat yang diberikan pada Pentashorufan tahun 2023 naik menjadi Rp 100 juta dibanding tahun lalu yang berkisar Rp 90 juta. Sedangkan anggaran zakat tersebut diambilkan dari kas internal Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) khusus di bawah pengelolaan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar,” ungkap  Dirut RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dr. Aditiya Nurcahyanto, MARS kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Menurut dr. Aditiya Nurcahyanto, pengumpulan dana dari Kantor Layanan LAZISMU RS PKU Muhammadiyah Karanganyar selalu meningkat setiap tahunnya.

Yang mana, hingga Maret 2023 terkumpul kisaran Rp 250 juta. Dana tersebut dihimpun murni dari internal, yakni karyawan dan pejabat struktural RS PKU Muhammadiyah yang jumlahnya sekitar 500 orang.

“Besaran paket zakat Rp 500.000 per orang,” pungkas dr. Aditiya Nurcahyanto, MARS.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar Dr. Muh Samsuri menyambut baik   pentashorufan zakat yang dilakukan rutin setiap tahun oleh RS PKU Muhammadiyah tersebut.

“Alhamdullilah seiring rumah sakit ini berkembang pesat, ternyata diikuti zakat yang besar sehingga keberadaan RS PKU Muhammadiyah bermanfaat bukan hanya medis tapi urusan sosial membantu masyarakat,” ungkap Dr. Muh Samsuri.

Pihaknya terus mensupport agar penyaluran zakat dari RS PKU Muhammadiyah Karanganyar makin besar dari tahun ke tahun.

Hadir pada acara tersebut Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng KH Dr. Tafsir, M.Ag dan Bendahara PWM Jawa Tengah yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Karanganyar Prof. Dr. H. Sofyan Anif, M.Si.

Dalam tausiyah di acara tersebut, KH Dr. Tafsir, M.Ag mengemukakan, tidak ada rumusnya, dengan berzakat bakal membuat harta menjadi berkurang, karena hal itu sudah digaransi oleh Alloh SWT.

Untuk itu pihaknya bangga dengan RS PKU Muhammadiyah Karanganyar yang eksis dan maju bidang infaq sodakoh serta zakat.

“Justru dengan sodakoh infaq zakat yang kuat besar dan ikhlas akan membesarkan rumah sakit itu sendiri karena telah peka terhadap kemiskinan dan peka sosial dan itulah hakikat dakwah yang sebesarnya,” pungkasnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com