JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Geger Seleksi Perangkat Desa Jati, Sumberlawang Diwarnai Protes, Peserta Mengatakan: Diduga Ada Pengondisian

Salah satu Peserta menunjukan hasil seleksi pengisian Perangkat Desa Jati, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen
Salah satu Peserta menunjukan hasil seleksi pengisian Perangkat Desa Jati, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Geger, pengisian Perangkat Desa Jati, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah diguncang isu tak sedap, sejumlah peserta penjaringan dan penyaringan Perangkat Desa menduga ada pengondisian.

Sejumlah peserta melayangkan keberatan atas proses ujian di lembaga LPPM dan proses penilaian peserta oleh tim panitia desa.

Protes dan keberatan itu disampaikan Daru Wiyanto (40) yang melamar di formasi Kasi pemerintahan.

Peserta menemui Ketua Panitia Seleksi

Dari hasil perangkingan terakhir ia menduduki peringkat ke dua, dengan nilai 44.10, kalah dengan Rusiyana Prihastuti (35) yang menduduki peringkat pertama dengan nilai 64.90.

Kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Daru mengatakan sudah melaporkan dan memprotes kepada Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Jati 2023.

“Saya tadi dan teman teman menyampaikan keberatan terhadap proses seleksi penjaringan dan penyaringan Perangkat Desa, menurut kami ada kejanggalan dan penyimpangan.

Tadi ada 4 poin kami sampaikan ke panitia yang pertama tempat duduk, user, password sudah melekat di nama masing masing, harusnya diundi kalau menurut saya itu dah indikasi, dan ke tiga dinilai yang muncul itu berbeda dengan yang di pengumuman oleh panitia,” kata Daru, Senin (11/4/2023).

Baca Juga :  Sulap Tanah Kas Desa Menjadi Hutan Buah, Inilah Inovasi Satgas TMMD Reg 119 Prajurit TNI Kodim 0725 Sragen

Daru juga menyoroti hasil nilai peringkat satu dengan peringkat lainnya berbeda dan jaraknya sangat jauh.

“Penyampaian pelaksanaan akan dilakukan secara jujur dan dari Pemerintah Desa ke Warga jujur dan hasilnya murni berdasarkan kemampuan otak dan kemampuan, tapi ini malah seperti ini, saya secara pribadi memberikan surat secara tertulis, ini tinggal nunggu surat klarifikasi dari pihak ke tiga dari UGM,” bebernya.

Sekadar tahu, seleksi Perdes di Jati Sumberlawang digelar untuk lima formasi yakni Kebayanan tiga Sendangrejo dilamar 6 orang, Kaur Tu dan Umum dilamar 10 orang, Kaur Perencanaan dilamar 11 orang, Kasi Pemerintahan dilamar 12 orang, Kasi Kesejahteraan dilamar 9 orang.

Baca Juga :  Banjir Rendam Ratusan Hektare Sawah di Desa Tangkil Sragen, Padi Siap Panen Terendam Banjir Petani Rugi Puluhan Juta Rupiah Perpatok

Dari hasil akhir penilaian, peserta bernama Ismu Ernawati mendapat nilai tertinggi 66.30 di formasi Kebayanan tiga Sendangrejo.

Kaur perencanaan: Yhunita Safitri mendapat nilai tertinggi 65.57.

Kaur TU dan Umum: peringkat tertinggi
Rudiyarso dengan nilai tertinggi 64:10.

Kasi Pemerintahan: dengan peringkat tertinggi Rusiyana Prihastuti dengan nilai 64.90.

Kasi Kesehatan: peringkat tertinggi
Wijiyanti dengan nilai 60.53.

Sementara itu, ketua penjaringan dan penyaringan perangkat Desa Jati, Sumberlawang, Sragen Sugiyatno, Wakil Ketua Mujiyono, Sekretaris Muh. Faqihudin, seksi Joko Suyamto, seksi dua Febriyani Siti Nurjanah.

Terpisah, Ketua Tim Panitia Penjaringan Penyaringan Seleksi Perangkat Desa Jati, Sugiyatno membenarkan adanya peserta yang keberatan dari hasil nilai dan keputusan.

“Jadi keberatan tertulis, jadi kita juga menyampaikan klarifikasi juga secara tertulis, untuk jawaban yang dikeluhkan 4 poin tadi, secara garis besar belum bisa menjawab karena nanti juga akan dibuktikan secara tertulis,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com