JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cobain Opor Jago Jangan Lombok Lalapan Hanya di Pracimantoro Wonogiri

Opor
Opor jago jangan lombok dan lalapan. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Suka kuliner ngangeni dari Wonogiri seperti opor jago, jangan lombok hingga lalapan?Jika iya sudah pernahkah merasakan tiga menu itu dalam satu sajian?.

Jika belum merasakan, coba sesekali datang ke Pracimantoro Wonogiri. Disana ada warung yang menyediakan menu opor jago alias ayam jantan kampung, jangan lombok atau sayur cabai, lalapan hingga urap.

Menu tersebut tentu bisa dimix, antara opor jago, jangan lombok hingga lalapan. Soal rasa dijamin tidak akan mengecewakan.

Salah satunya di dekat Pasar Sapi Pracimantoro Wonogiri. Menu opor jago Pracimantoro ini juga tambah spesial lagi lantaran disantap di antara ratusan ekor sapi.

Memang sesekali aroma yang timbul dari aktifitas para sapi akan menyeruak tatkala kita memakan opor ayam ini. Namun tidak mampu mengalahkan gurih nan nikmatnya dari setiap gigitan daging ayam yang empuk.

Baca Juga :  Kearifan Lokal Gempa Bumi di Wonogiri, Keluar Rumah Kentongan dan Bedug Masih Lestari

Opor jago ayam Pracimantoro ini begitu melegenda. Penjualnya bernama Mbah Mukimin, sudah puluhan tahun berjualan,” ungkap Camat Pracimantoro Warsito, baru baru ini.

Warung opor jagi itu berdiri di komplek pasar Sapi Pracimantoro. Dari lampu merah simpang empat Pracimantoro ke barat sekitar 400 arah museum karst Indonesia.

Namun tidak setiap hari warung opor ayam Pracimantoro ini buka berjualan. Hanya ketika malam Wage dan pasaran Wage kita bisa goyang lidah di tempat itu. Ini menyesuaikan pasar sapi Pracimantoro yang ramai setiap pasaran Wage datang.

“Malam pasaran Wage sudah ramai yang datang, kalau pas Wage siang tambah ramai,” jelas Camat Pracimantoro Warsito.

Baca Juga :  Uji Coba PSASP SMP Digelar 22-27 April 2024, Akhirnya Terungkap Tujuannya

Lantas bagi penikmat kuliner yang ingin menyantap opor ayam Pracimantoro harus gigit jari donk, di hari non pasaran Wage?. Tenang ada solusi atas permasalahan itu. Pak Camat Pracimantoro Warsito menyebutkan salah satu putra Mbah Mukimin kini membuka warung makan sejenis di dekat kantor Kecamatan Pracimantoro. Bukanya pun setiap hari.

“Menunya juga sama. Daging ayam jantan pilihan,” beber Pak Camat Pracimantoro Warsito.

Ketika disajikan, daging opor jago dilengkapi nasi, oseng lombok, sayur lombok santan, sayur gori atau nangka muda, dan lalapan plus sambal.

Daging ayam opor saat di mulut terasa empuk tidak alot. Bumbunya juga meresap. Menandakan sang koki terbukti piawai dalam mengolahnya. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com