JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Enak dan Menyegarkan, Ini 9 Buah Mengandung Banyak Air yang Pas Dimakan Saat Cuaca Panas

Ilustrasi buah semangka. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Belakangan ini cuaca panas melanda beberapa daerah di Indonesia. Saat kondosi seperti itu, maka tubuh perlu selalu terhidrasi dan jangan sampai kekurangan cairan.

Supaya tetap terhidrasi saat cuaca panas seperti saat ini, seseorang dianjurkan untuk banyak minum air putih dan juga mengonsumsi buah, terutama buah-buahan yang mengadung banyak air.

Melansir Seniority, berikut daftar buah-buahan mengandung banyak air yang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca panas:

1. Mangga (83 persen air)

Mangga sarat dengan antioksidan dan karenanya dapat meningkatkan kekebalan. Buah yang menjadi favorit banyak orang ini juga dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan mata. Semua faktor ini menjadikan mangga salah satu buah terbaik di musim panas.

2. Apel (86 persen air)

Apel sangat populer di hampir semua musim. Banyak olahan apel seperti salad, smoothie, makanan penutup pai, atau memakannya sebagai camilan. Apel dikenal untuk meningkatkan tingkat metabolisme, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengatur kadar gula darah. Selain itu, apel juga sarat dengan banyak vitamin dan mineral untuk meningkatkan kesehatan tulang, gigi, dan kulit.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

3. Nanas (86 persen air)

Nanas adalah sumber vitamin C yang sangat penting untuk melawan kerusakan sel dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan mangan nanas yang tinggi meningkatkan kesehatan tulang. Ini juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan sarat dengan antioksidan.

4. Jeruk (87 persen air)

Jeruk dapat menghidrasi dan memberi energi pada tubuh yang merupakan keharusan selama musim panas. Jeruk memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi kolesterol, meningkatkan fungsi jantung, dan menjadi sumber vitamin C yang kaya, jeruk meningkatkan kesehatan kulit.

5. Pepaya (88 persen air)

Buah ini sangat kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan. Menambahkan pepaya ke dalam makanan dapat mencegah penumpukan kolesterol di arteri, meningkatkan kekebalan tubuh, dan dapat menjadi sumber vitamin yang sangat baik untuk penderita diabetes dan seseorang yang ingin mengatur berat badannya.

6. Blewah (90 persen air)

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Blewah adalah sumber vitamin C dan A yang sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan kalium yang tinggi dari melon membantu menyeimbangkan tekanan darah. Beta karoten dalam melon membantu melawan katarak dan meningkatkan penglihatan.

7. Stroberi (91 persen air)

Stroberi kaya akan vitamin C, mangan, folat, potasium, vitamin B, dan flavonoid vital. Sehingga sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah jantung dan juga bagus untuk menjaga kolesterol jahat.

8. Semangka (92 persen air)

Semangka merupakan buah favorit saat musim panas karena mengadung sekitar 90 air. Buah ini dapat membantu mencegah risiko penyakit jantung dan membantu dalam produksi asam amino arginin, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Tomat (94 persen air)

Tomat bukan sayuran, tetapi buah yang memiliki kandungan air tertinggi. Kandungan vitamin A pada tomat dapat mengurangi degenerasi makula yang bertanggung jawab atas kehilangan penglihatan. Buah yang menghidrasi ini mengurangi risiko hipertensi dan dapat meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com