JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Gelar Upacara Pelepasan, 81 Alumni SMAN 2 Solo Diterima Lewat Jalur Prestasi

   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – SMA Negeri 2 Surakarta menggelar upacara Purna Siswa atau pelepasan dan penyerahan kembali siswa kelas 12 tahun pelajaran 2022/2023 di halaman sekolah setempat, Jumat (26/5/2023).

Dilakukan dengan menggunakan tradisi dan bahasa Jawa, upacara Purna Siswa dihadiri oleh seluruh siswa kelas 12 dari program peminatan MIPA 1-5 dan IPS 1-5.

Hadir pula sebagai tamu undangan, beberapa perwakilan orang tua  siswa dan Ketua Komite SMA Negeri 2 Surakarta, Ichwan Dardiri.

Dalam kesempatan itu dilaporkan mengenai prestasi akademik yang berhasil diukir untuk tahun pelajaran 2022/2023, yakni dengan diterimanya 81 orang siswa melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Ke-81 siswa tersebut telah berhasil diterima di 11 perguruan tinggi di berbagai kota. Rinciannya adalah 45 orang siswa diterima di UNS Surakarta, 8 siswa di Universitas Diponegoro (Undip) dan 10 siswa lolos di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025
Ketua Komite SMA Negeri 2 Surakarta Ichwan Dardiri (kanan) secara simbolis menyerahkan siswa kelas 12 kepada Kepala Sekolah, Maryadi dalam upacara pelepasan, Jumat (26/5/2023) / Foto: Suhamdani

Ada pula 2 orang siswa masuk di Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto, 4 siswa diterima di Universitas Brawijaya (Unibraw), 1 siswa di Universitas Tidar Magelang dan seorang siswa di UPN Veteran Yogyakarta.

Selanjutnya, 4 orang siswa diterima di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI), 1 siswa di Universitas Sam Ratulangi dan 3 orang siswa berhasil diterima di Poltekes Surakarta.

Selain itu diumumkan pula tiga orang siswa berprestasi pada masing-masing jurusan atau peminatan.

Di jurusan MIPA, sebagai Juara I Clementine Dwayani Danitasari dari Jurusan MIPA 1 dengan nilai rerata 94,21, Juara II Kynthia Fredelina  Dharen (MIPA 2 dengan 94,08) dan Juara III Claudia Sekar Nareswari (MIPA 1 dengan nilai rerata 94,04).

Sedangkan di Jurusan IPS, berhasil menjadi Juara I Fajrina Annisa Rahmadani dari Jurusan IPS 1 dengan nilai rerata 92,67, Juara II Cynthia Rizki Azarin Utomo (IPS 1 dengan 92,37) dan Juara III Lintang Andwyna Nurseisa Azrien (IPS 1 dengan nilai rerata 92,03).

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Surakarta, Maryadi mengucapkan terima kasih kepada para guru yang telah melakukan berbagai upaya terbaik untuk mendidik para siswa hingga berhasil menorehkan keberhasilan seperti sekarang.

Tak lupa, Maryadi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga proses pembelajaran kepada para siswa telah menunjukkan progres yang bagus.

“Selamat bagi kalian anak-anak yang telah berhasil lulus dan para siswa yang telah diterima lewat jalur SNBP. Semoga kesuksesan ini menjadi awal dari kesuksesan di masa mendatang,” ujarnya berharap.

Secara simbolis, para siswa diserahkan oleh Ketua Komite SMA Negeri Surakarta, Ichwan Dardiri yang diterima oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Surakarta, Maryadi.

Sementara itu, upacara pengalungan samir untuk para alumni dilakukan siang harinya di aula sekolah setempat, yang dilakukan oleh masing-masing guru wali kelas. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com