JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

MPAI UMS Gelar Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Muhammadiyah se-Kartasura

Tim Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan pengabdian masyarakat dengan mengangkat topik "Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)", Selasa (23/5/2023). Humas UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Tim Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan pengabdian masyarakat dengan mengangkat topik “Pelatihan dan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)”.

Kegiatan yang diikuti 33 guru dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah se-PCM Kartasura ini sebagai bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah

Acara ini diselenggarakan di di Ruang Seminar Pascasarjana UMS, Selasa (23/5/2023) dan dibuka oleh Ketua MPAI UMS Dr., Muh., Nur Rochim Maksum.

Nur Rochim Maksum menyampaikan jika melihat tagline UMS “Mencerahkan, Unggul, Mendunia”, maka untuk memulainya dapat diawali dengan memperhatikan pada aspek lokal.

“Namun apabila kita ingin mendunia, tentu kita harus mulainya dari perhatian terhadap aspek-aspek lokal. Kita juga harus berkontribusi mengembangkan dan membawa hal-hal yang ada di sekitar kita menjadi lebih baik lagi,” terang Nur Rochim dalam keterangan tertulis kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Dia juga menyampaikan, kegiatan ini akan memberikan manfaat kepada guru-guru di Kartasura sekaligus kepada Prodi MPAI.

Dalam acara, MPAI menghadirkan narasumber Dr. Rahayuningsih, untuk memberikan pelatihan dalam menyusun pendahuluan dalam PTK, seperti dengan mengidentifikasi masalah dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), subyek penelitian, metode penelitian, dan lainnya.

Abdul Fattah Bintoro selaku Sekretaris PCM Kartasura menyampaikan terima kasihnya kepada UMS dan berharap para guru di Kartasura dapat lebih berkembang lagi.

“Nanti diharapkan guru-guru di wilayah khususnya Kartasura itu bisa meningkat kualitasnya, terutama dari sisi penelitian tindakan kelasnya yang memang itu oleh pemerintah khususnya kementrian pendidikan nasional memang diharapkan bisa melaksanakan penelitian tindakan kelas,” ungkapnya.

Melalui PTK, tentunya hal tersebut akan dapat membantu sekolah untuk memperbaiki lembaganya, seperti dalam hal prestasi dari peserta didik. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Prof., Dr., Wachidi M.Pd yang menyampaikan bahwa PTK dapat mengidentifikasi masalah.

“Bisa merefleksi, mengajarnya ini bagaimana, ada tidak masalahnya, masalahnya apa, bagaimana cara pemecahannya. Salah satu diantaranya adalah research penelitian tindakan kelas,” jelas Prof., Wachidi.

Selain itu, kegiatan pendampingan PTK ini juga akan menghasilkan dampak positif yang panjang dengan dipublikasikannya ke jurnal terakreditasi.

“Pertama, dari segi pengembangan lembaga, akan menghasilkan report tentang PTK, yang ke dua adalah menghasilkan satu jurnal,” kata Wachidi.

Setelah diadakan pelatihan mengenai PTK, Tim Pengabdian Masyarakat MPAI akan mengadakan pendampingan dalam melakukan PTK dimulai dari pembuatan laporan PTK sampai dengan publikasi artikel ilmiah ke jurnal nasional yang terakreditasi. Wans

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com