JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Muncul Relawan ANIES, Viva Yoga Tegaskan Tak Terkait PAN

Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi (kanan) berfoto bersama Ketua DPW PAN Eko Hendro Purnomo (kiri), Wakil Ketua Umum PUAN AMANAT Putri Zulkifli Hasan (ketiga kiri) dan aktor yang juga kader PAN Varrel Bramasta (kedua kiri) pada acara perkenalan kader baru PAN di kantor DPP PAN, Jakarta, Kamis (9/2/2023) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kemunculan relawan ANIES (Amanat Indonesia) yang diprakarsai oleh Sahrin Hamid ditegaskan tidak berkaitan dan tidak merepresentasikan dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Capres Anies Baswedan.

Penegasan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi.

“Amanat Indonesia’ (ANIES) tidak ada sama sekali kaitannya dengan kader dan pengurus PAN. Itu sikap pribadi saja,” kata Viva saat dihubungi, Senin (8/5/2023).

Sebagai informasi, ANIES merupakan kelompok relawan yang diinisiasi oleh anggota PAN Sahrin. Mendengar informasi tersebut, Viva menyebutkan bahwa Sahrin tidak lagi bagian dari organ PAN.

Deklarasi ANIES dilakukan sejumlah orang pada Minggu (7/5/2023). Di antaranya adalah kader PAN, Sahrin Hamid, Putra Jaya dan Yasin Kara. Viva menyangkal bahwa ketiganya masih merupakan kader PAN.

“Mas Sahrin, Mas Putra Jaya, Mas Yasin Kara memang pernah menjadi pengurus PAN. Tetapi sudah lama tidak aktif dan tidak pernah berinteraksi dengan program partai,” ujarnya.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Sehingga Viva menyimpulkan, Sahrin tidak lagi ada ikatan apapun dengan Partai Amanat Nasional.

“Sudah tidak nyambung lagi dengan kegiatan partai,” sebutnya.

 

Diminta tak bawa lambang partai

Viva menyatakan, pihaknya tak membatasi hak politik seseorang untuk menjadi relawan, namun ia menggarisbawahi menjadi relawan tidak perlu membawa identitas atau atribut atau lambang partai untuk justifikasi politik.

“Tapi juga mesti memahami etika berorganisasi,” ujarnya

Viva menyampaikan, mulai dari kader hingga pengurus PAN seluruh Indonesia, saat ini tetap kompak dan solid terhadap tentang Pilpres 2024.

Dari hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN tahun 2020 dan 2022 kata Viva, PAN telah memberikan mandat sepenuhnya kepada ketua umum PAN Zulkifli Hasan.

“Menentukan langkah-langkah strategis dan menetapkan pasangan calon yang dapat memberikan manfaaat bagi kemajuan masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya

Saat ini kata Viva, PAN sangat sibuk menghadapi proses pencalegan anggota DPR dan DPRD

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud Masih Optimis MK Terima Gugatan Sengketa Pilpres, Ini Alasannya

“Soal pilpres itu urusan DPP PAN,” kata dia.

Dalam deklarasi Minggu (7/5/2023) kemarin, Sahrin Hamid menyatakan pembentukan relawan ANIES untuk mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (Capres) dalam Pilpres 2024.

Sahrin yang menjadi Ketua Koordinator Nasional ANIES menegaskan mereka hanya punya satu keinginan, yakni agar mantan Gubernur DKI Jakarta itu dapat menjadi ‘petugas rakyat’.

“Insya Allah 2024 Anies presiden, maka rakyat hanya minta satu hal. Apa yang rakyat minta? Rakyat minta jadilah petugas rakyat,” ungkap Sahrin seperti dilansir dari laman relawan anies, Senin (8/5/2023).

PAN sendiri hingga saat ini belum menentukan pilihan siapa yang akan mereka usung pada Pilpres 2024. Namun, mereka kerap memberikan sinyal akan mendukung pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Capres dan Cawapres.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com