JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Segudang Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Bisa Cegah Asam Urat

Biji melinjo. Wikipedia
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Biji melinjo merupakan bahan utama untuk membuat emping, sedangkan daun mudan melinjo dipakai sebagai campuran untuk bahan masakan.

Tak hanya biji dan daunnya, kulit melinjo juga bisa dikonsumsi, baik digunakan sebagai campuran bahan masakan ataupun digoreng.

Tak hanya enak, bagian kulit melinjo memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Mengutip laman Kementerian Pertanian, kulit melinjo memiliki banyak kandungan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C, fosfor, zat besi, protein, vitamin B1, kalsium, dan vitamin A. Adapun manfaat kulit melinjo adalah sebagai berikut:

1. Mencegah sakit asam urat

Kulit melinjo memiliki kandungan senyawa yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Senyawa yang ada pada kulit melinjo dapat membantu menghambat xantin oksidase enzim atau pensintesis asam urat. Perlu diketahui pensintesis inilah yang menyebabkan asam urat dalam tubuh mengalami kenaikan.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

2. Memperkuat daya ingat

Kandungan protein dan vitamin yang beragam dalam kulit melinjo dapat membantu menjaga kinerja daya ingat manusia. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan mempertahankan fungsinya agar tidak menurun.

3. Baik untuk penglihatan

Kulit melinjo juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Seperti diketahui, paparan radiasi yang dipancarkan lewat layar elektronik secara berlebihan dapat memberi pengaruh buruk pada mata. Kulit melinjo memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Kandungan inilah yang membuat kulit melinjo sangat baik untuk dikonsumsi agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik.

4. Melancarkan peredaran darah

Kulit melinjo memiliki kandungan lemak baik yang mampu melawan lemak jahat. Pada tubuh manusia, lemak jahat seringkali tertimbun dalam aliran darah yang membuat peredarannya menjadi tidak maksimal. Dengan mengonsumsi kulit melinjo secara rutin, lemak jahat yang menumpuk dalam tubuh dapat terkikis sehingga peredaran darah bisa lebih lancar.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

5. Menjaga kesehatan otot

Kulit melinjo memiliki kandungan protein tinggi yang baik untuk memperbaiki dan mempertahankan kinerja otot. Rutin mengonsumsi kulit melinjo dalam jangka panjang dapat membantu membentuk massa otot dalam tubuh.

6. Mencegah anemia

Anemia atau kekurangan darah merupakan keadaan ketika tubuh kekurangan zat besi yang menyebabkan berbagai gejala. Kulit melinjo memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga membantu mencegah anemia.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kulit melinjo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Kalsium dan fosfor adalah dua zat utama yang dapat membantu memperkuat serta menjaga tulang dan gigi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com