JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tak Ada Demo, Peringatan Hari Buruh di Solo Justru Diwarnai Aksi Pembagian Sembako

Pembagian Sembako yang dilakukan di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Jalan Slamet Riyadi, No. 306, Solo, Senin (1/5/2023) / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Beda dengan di pusat di mana ribuan buruh melakukan aksi unjuk rasa dalam momentum Hari Buruh Internasional (May Day), maka di Solo sepi-sepi saja.

Justru momentum May Day di Solo Senin (1/5/2023)  diwarnai dengan pembagian sembako di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Jalan Slamet Riyadi, No. 306, Sriwedari, Kecamatan Laweyan.

Menurut Kepala Disnaker Solo, Widyastuti, terdapat 1.083 paket sembako  yang dibagikan pada serikat pekerja dan serikat buruh. Dalam acara bertema Solo Peduli Buruh dan Pekerja.

“Kita mengakomodir dari serikat pekerja dan serikat buruh yang tidak menerima tunjangan hari raya (THR) sesuai ketentuan. Sehingga bapak walikota berkenan memberikan bantuan melalui bantuan presiden yang diterima,” ungkap Widyastuti, Senin (1/5/2023).

Baca Juga :  PPJI Komitmen Kembangkan Restoran Indonesia di Luar Negeri

Widyastuti mengatakan pihaknya hingga saat ini menerima 65 aduan baik itu dari personal maupun dari beberapa karyawan perusahaan yang tidak menerima THR sesuai ketentuan.

“Namun semua sudah kita tindaklanjuti sesuai batas kewenangan kami. Kami naikan ke satwasker provinsi agar ditindaklanjuti dari sisi regulasi seperti itu. Jadi dari perusahaan dan dari serikat buruh sudah ada kesepakatan,” ujarnya.

Sementara itu Adisti, dari Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) menjelaskan bahwa saat ini di Solo memang tidak ada aksi. Setelah adanya lembaga di dinas ketenagakerjaan bernama lembaga tripartit.

Baca Juga :  Diiringi Gamelan Jawa, Astrid Kembalikan Formulir Pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Solo ke Gerindra

“Terakhir 2008 waktu mayday kita pasti mengadakan aksi. Setelah adanya lembaga di dinas lembaga tripartit kita selesaikan permasalahan di dinas. Kita sudah ada perwakilan dari buruh dari 3 elemen mulai dari serikat pekerja, apindo dan dinas,” ujarnya.

Meski demikian dirinya mengaku masih banyak permasalahan dari setiap perusahaan. Namun berusaha untuk melobi dari dinas untuk bisa diselesaikan dari dinas. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com