JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Apakah Makan Kangkung Bikin Ngantuk, Mitos atau Fakta? Ini Penjelasannya

Ilustrasi sayur kangkung. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Mengantuk setelah makan kangkung, mitos atau fakta? Apakah Anda pernah merasa mengantuk setelah makan kangkung?

Ada beberapa penelitian yang mengungkapkan nutrisi di dalam tanaman kangkung ini.

Di Indonesia, sayur ini sangtat mudah ditemukan, baik di pasar tradisional ataupun modern. Biasanya sayur ini dimasak tumis atau di cha.

Ciri khas dari dari tanaman ini adalah daun dan batangnya yang lembut manis, berlendir, sukulen, sangat banyak dicari untuk salad, direbus, dan tumis.

Melansir nutrition-and-you.com, secara botani sayuran ini termasuk dalam famili Convolvulaceae. Meskipun erat dengan tanaman berjenis ubi jalar, namun kangkung sama sekali berbeda dengan jenis lainnya seperti bayam yang secara bentuk mirip. Terutama dalam zat di dalamnya yang disebut-sebut menyebabkan rasa kantuk.

Dalam Buku Fakta 101 Mitos Kesehatan karya Nutrifood Research Center, dijelaskan bahwa anggapan tentang hal tersebut tidak sepenuhnya benar secara ilmiah atau berlebihan. Hal ini disebabkan karena secara medis belum ada yang meneliti kaitannya rasa mengantuk dengan konsumsi memakan kangkung.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Namun yang ada ialah komponen yang dapat membantu diri agar lebih rileks dan tenang, yaitu unsur sedatif dalam kangkung. Hal ini akan membuat seseorang akan lebih tenang dan mudah mengantuk.

Disebutkan juga dalam chemistry.uii.ac.id, setiap orang memiliki respons yang berbeda-beda terhadap zat sedatif yang diterima. Contohnya, seseorang akan mudah mengantuk ketika memakan satu suapan kangkung, namun ada pula yang perlu menghabiskan dua piring kangkung terlebih dahulu agar menjadi cepat mengantuk.

Sebenarnya semua makan dapat memberikan rasa ngantuk. Melansir thealthbenefitsof.com, setiap makanan yang kaya akan vitamin B kompleks, kalsium, selenium, asam lemak omega-3, seng, asam folat, dan magnesium dapat menjadi faktor utama penyebab ngantuk dalam diri. Misalnya ketika mengonsumsi makanan jeroan, kacang-kacangan, kerang, telur, brokoli, kembang kol, dan susu

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Ada pula hal yang berbanding terbalik dengan mitos ini. Salah satunya dalam zat yang terkadung dalam kangkung terdapat zat besi yang tinggi. Hal ini akan membantu seseorang dalam berkonsentrasi. Selain itu, zat besi merupakan komponen pembuat sel darah merah yang ber lebih bugar dan segar untuk beraktivitas

Itu sebabnya, kangkung belum dapat menjadi acuan sebagai obat tidur seseorang. Apalagi seseorang yang sengaja mengonsumsinya untuk tidur cepat. Meskipun kangkung sendiri bermanfaat untuk mencegah insomnia karena selenium dan zinc dapat membuat syaraf menjadi kendur dan rileks.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com