JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Cerita Korban Keracunan Massal di Sragen, Semula Makan Mi dan Ayam Goreng Punjungan

keracunan massal di sumberlawang sragen
Petugas Polsek Sumberlawang dan petugas Puskesmas setempat meninjau salah satu korban keracunan massal, Selasa (2/6/2023) / Foto: Huri Yanto
ย ย ย 

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Kasus keracunan massal yang terjadi di Sumberlawang, Sragen mulai sedikit menemukan titik terang.

Salah satu keluarga korban keracunan massal, Lia Rohana (25) menceritakan, ayahnya, Parjiyo (52) pada awalnya mengonsumsi mi dan ayam goreng.

Makanan itu merupakan punjungan dari tetangga yang punya hajatan.

Usai makan mi dan ayam goreng hajatan, warga Dukuh Lemah Bedah RT 03, Desa Kacangan, Kecamatan Sumberlawang, Sragen itu mengeluhkan lemas dan diare.

โ€œKemungkinan habis makan ayam goreng dan mi itu, Mas,โ€ ujar Lia Rohana saat dihubungi Joglosemarnews, Jumat (2/6/2023).

Melihat kondisi yang mengkhawatirkan, Lia Rohana pun membawa ayahnya berobat ke Puskesmas Sumberlawang, Sragen.

Baca Juga :  Viral Mobil Rusak Usai Minum Dexlite di Sragen, SPBU: Bukan Abal-abal, Tapi Karena Terkontaminasi Air

Parjiyo akhirnya dirawat inap di Puskesmas Sumberlawang, Sragen selama dua hari.

“Kondisi bapak, allhamdulilah sudah mendingan. Kemarin bapak lemas dan saya bawa ke Puskesmas Sumberlawang, ini udah dua hari ini. Masih dirawat di sana,โ€ ujar Lia Rohana.

Diberitakan sebelumnya, belasanย  warga mengalami keracunan massal, yang diduga dipicu dari makanan hajatan keluarga Suwarji, Warga Dukuh Purwantoro RT 17, Desa Kacangan, Kecamatan Sunberlawang, Sragen, Rabu (31/5/2023) lalu.

Pasca hajatan digelar, belasan warga mulai berjatuhan dan mengeluh sakit, termasuk salah satunya, Parjiyo. Total ada belasan warga dari beberapa desa yang mendadak dan harus dilarikan ke Puskesmas atau klinik terdekat.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

Kebanyakan dari mereka mengeluh diare, pusing, mual namun tidak bisa muntah. Sampai sekarang, sejumlah warga masih menjalani perawatan di klinik dan Pukesmas terdekat.

Adapun jajaran kepolisian Polsek Sumberlawang dan petugas Puskesmas setempat langsung terjun ke lapangan mengamankan sampel makanan dan melakukan pemeriksaan di Laboratorium.

Barang bukti bukti yang diamankan antara lain bumbu masakan yang sudah dicampur (dihaluskan), garam bata dan grosok, kerupuk yang sudah matang, dan air yang digunakan untuk memasak. Huri Yanto

ย 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com