JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Lokananta Diresmikan, Erick Thohir Janjikan Bakal  Ada 15 Aktivitas Setiap Bulannya

Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan beroperasinya kembali Lokananta, Sabtu (3/6/2023) malam / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menteri BUMN Erick Thohir didampingi musisi lintas generasi, Waldjinah meresmikan beroperasinya kembali  Lokananta, Sabtu (3/6/2023) malam.

Menteri Erick mengatakan, usai berkeliling di Lokananta yang baru ini, dirinya merasakan ada konektivitas  atau keterkaitan. Salah satunya adalah Lokananta yang menjadi tempat rekaman lagu Asean Games pada tahun 1962 silam.

“Begini- begini kan bekas Ketua Asean Games. Lalu tadi ada koneksi lain disampaikan. Rupanya pak Maladi ini ketua PSSI tahun 1959. Kebetulan juga saya hadir mungkin ada hubungannya juga dengan PSSI,” ungkapnya sambil tertawa.

Bagi Erick Thohir,  peresmian Lokananta yang baru ini menjadi suatu sejarah yang harus dijaga. Karena sebuah bangsa yang besar dan mau maju tidak akan ke mana-mana.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

Jika sebuah bangsa  tidak mempunyai fundamental budaya yang kuat dan melupakan sejarah, psda akhirnya justru akan terpuruk.

Selain itu,  Erick mengatakan  Lokananta sendiri juga sebagai cikal bakal musik Indonesia. Ketika Presiden Soekarno mendorong agar musik Indonesia naik dan mengurangi musik-musik barat didengarkan, maka Lokananta memiliki peran yang besar ketika itu.

“Kita tidak hanya membangun tapi memastikan ini berkelanjutan. Bagaimana setelah dibangun ini bisa berjalan baik. Jangan sampai sudah bagus tidak terawat lagi ini yang mau kita dorong seperti Sarinah,” sambungnya.

Baca Juga :  PDIP dikabarkan  Bakal Merapat ke Prabowo, Begini  Reaksi Gibran

Erick menjanjikan,  di Lokananta sendiri akan ada 15 aktivitas atau event setiap bulannya.

“Ini bukan hanya membangkitkan sejarah musik tetapi meningkatkan industri musik. Tadi beberapa ada recording company juga kita undang untuk memakai akses ini. Aset yang kita bangun ini kita persembahkan untuk komunitas musik Indonesia,” pungkasnya.

Terlihat beberapa musisi beken tanah air juga  hadir dalam kesempayan itu,  seperti Titiek Puspa, Waldjinah, Andien,  Ahmad Albar, Ian Antono, Abdi (Slank), serta beberapa musisi lainnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com