JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Lucu dan Menggemaskan, Ini 10 Jenis Kucing yang Sering Dipelihara

ilustrasi Kucing. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dipelihara orang. Kucing merupakan hewan yang lucu dan menggemaskan serta penurut.

Kucing dapat diajak bermain dengan mainan yang disukai. Bahkan jika Anda sedang lelah atau stres, kelucuannya juga mampu meningkatkan mood sehingga bisa lebih bersemangat dalam menjalankan sesuatu.

Ada berbagai warna bulu kucing, mulai dari putih, hitam, coklat dan masih banyak lainnya.

Terdapat banyak ras kucing yang populer dan dipelihara di dunia. Jika Anda tertarik untuk menghadirkan hewan yang menggemaskan di rumah, berikut daftar jenis kucing peliharaan yang populer dan favorit.

1. Ras Anggora

Jenis kucing peliharaan yang bisa Anda pilih untuk pelihara di rumah adalah kucing dengan ras anggora. Anggora merupakan ras tertua yang berasal dari Ankara, Turki. Dilihat dari fisiknya, ciri khas kucing anggora yaitu bentuk telinganya lebar, hidungnya agak panjang, dan biasanya kedua matanya memiliki warna berbeda.

2. Ras Persia

Kucing yang bisa Anda pelihara selanjutnya adalah ras persia. Ras persia dan ras anggora seringkali membuat orang tertukar. Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan. Kucing persia memiliki bulu yang lebih lebat dan padat, mulai dari bagian wajah hingga bagian ekor. Ukuran ras persia juga cenderung lebih kecil. Kira-kira Anda lebih suka jenis ras anggora atau persia?

3. Ras Ragdoll

Pernahkah Anda sebelumnya mendengar kucing ragdoll? ras ini berasal dari Amerika Serikat. Asal nama ragdoll ini diambil dari sifatnya yang sangat penurut. Secara karakteristik fisik, kucing ragdoll sangat mirip dengan kucing persia. Memiliki pipi bulat dan sangat tenang serta penyayang.

4. Ras Bengal

Ras kucing bengal masih satu keluarga dengan macan tutul. Namun secara sifat tentunya berbeda, karena ras kucing bengal sangat ramah dan jinak, sehingga dapat dipelihara di rumah. Jika dilihat secara motif, kucing bengal memang mirip dengan macan tutul.

5. Ras Sphynx

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan ras kucing sphynx. Satu-satunya jenis kucing yang sepertinya tidak ada rambut sama sekali, namun sebenarnya sphynx masih memiliki rambut dengan ukuran yang sangat pendek. Selain itu, sphynx juga memiliki perawatan khusus, Anda harus sangat memperhatikan lebih ekstra jika memelihara kucing jenis ini.

6. Ras Maine Coon

Jenis kucing peliharaan yang bisa dijadikan pilihan lainnya adalah jenis maine coon. Ras kucing maine coon memiliki ukuran lebih besar dari jenis lainnya, dengan kumis dan bentuk wajah unik. Kemudian, kucing ini juga merupakan ras yang sangat populer kedua yang banyak dipelihara di Amerika Serikat. Ras kucing maine coon memiliki bulu yang lebat seperti anggora, persia, ragdoll, namun bulunya lebih lembut.

7. Ras British Shorthairs

British Shorthairs adalah kucing dengan ras tua yang pertama kali datang ke Inggris dibawa oleh legiun alias tentara Romawi. Kala itu, mereka sedang membutuhkan kucing yang dapat mengusir tikus dari camp mereka. Mereka memutuskan British Shorthairs cocok untuk dipelihara di tengah keluarga.

8. Ras Himalaya

Seringkali ras kucing himalaya dimiripkan dengan kucing persia karena bentuknya yang hampir mirip. Namun ras himalaya lebih besar dan bulunya lebih lebat. Bulu panjangnya itu yang menjadi ciri khas dan matanya yang cantik berwarna biru.

9. Ras Scottish Fold

Kucing dengan ras Scottish Fold dikenal dengan kupingnya yang terlipat dan mata yang bulat. Jenis ini cukup populer dan diminati banyak orang. Secara fisik memang sangat lucu dan bulunya juga tidak terlalu panjang, serta memiliki fitur seperti burung hantu.

10. Ras Domestik

Kucing domestik atau dikenal kucing kampung juga menjadi salah satu jenis yang populer. Bahkan bisa dengan mudah ditemui di pinggir jalan. Perawatannya juga tergolong tidak sulit seperti kucing ras lainnya. Sehingga tidak banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika ingin memelihara kucing kampung.

Itulah daftar jenis kucing peliharaan yang populer. Dari sekian banyak jenis kucing tersebut, Anda tertarik untuk memelihara yang mana?

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com