JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold HY Kumontoy Cek Lokasi Kebakaran Hutan Gunung Lawu: Api Merembat Ke Timur

Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy besarta jajarannya mengecel lokasi kebakaran di lereng gunung Lawu, Kamis (31/8/2023) dinihari. Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kebakaran hutan di kaki Gunung Lawu, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, semakin meluas. Api yang semula membakar hutan di Petak 42 RPH Tlogo Dringo, BKPH Lawu Utara, Desa Gondosuli, pada Rabu (30/8/2023) sore, kini telah meluas hingga lebih dari 10 hektar.

Pantauan up date langsung Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy di TKP kebakaran hingga Kamis (31/8/2023) dinihari menyebutkan pergerakan api makin meluas kearah timur. Bahkan potensi cepatnya pergerakan api yang dipicu angin tersebut dikhawatirkan makin liar meluas.

“Pantauan kami saat ini juga di TKP kencangnya pergerakan api sudah bergeser melahap lebih dari 10 Hektar dan masih akan terus meluas karena upaya pemadaman api baru dilakuan yang kedua kalinya Kamis (31/8) esok,” ungkap Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Baca Juga :  Kemuning Sky View: Destinasi Wisata Jembatan Goyang di Atas Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Kapolres menjelaskan kemungkinan terhitung mulai Rabu (30/8/2023) hingga Kamis (31/8) dini hari luasan lahan yang terbakar makin bertambah karena pergerakan api begitu cepat karena kendala pemadaman api secara intensif. Dengan kata lain lanjut Kapolres api bergerak bebas diterpa angin kencang.

“Apalagi area TKP yang terbakar ini tergolong hutan yang masih rimbun sehingga memudahkan api bergerak dengan leluasa,” tandas Kapolres. Selain itu ketinggian dataran tempat terjadinya ebakaran api juga tergolong tinggi yakni 1846 MDPL sehingga menyulitkan upaya pemadaman selain ditopang kendala medan yang terjal.

Untuk itulah Kapolres AKBP Jerrold Hendra Yosef Kumontoy nekad bermalam di sekitar TKP kebakaran guna memantau langsung perkembangan yang terjadi. Disebutkan Kapolres datang di TKP sejak Rabu (30/8) malam sekira pukul 20.00 WIB bersama 22 orang terdiri dari Kapolsek dsb Koramil Tawangmangu beserta jajarannya.

Baca Juga :  Kwarcab Karanganyar Gelar Pemilihan Duta Pramuka 2024

Kapolres bersama jajarannya berjalan kaki lebih dari satu jam melintas bekas hutan yang terbakar sejak Rabu (30/8) sore. “Kami terus memantau disini hingga esok pagi,” pungkas Kapolres.

Sebagai informas kebakaran hutan terjadi di Kaki Gunung Lawu, tepatnya Petak 42 RPH Tlogo Dringo, BKPH Lawu Utara, Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Rabu ( 30/8/2023). Laporan kebakaran hutan diterima KPH Surakarta Rabu (30/8) siang sekira pukul 14.00 WIB.

Sedangkan hingga Rabu malam pukul 22.00 WIB api masih terlihat menyala dari kawasan hutan pinus tersebut meskipun sudah dilakukan upaya pemadaman api secara manual. Upaya pemadaman manual dilakukan berbagai pihak mulai dari relawan, BPBD, gabungan anggota Polsek dan Koramil serta Forkompimca Tawangmangu terhitung sejak pukul 15.00 hingga pukul 19.00 WIB. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com