JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Dishub Boyolali Kembali Gelar Uji Emisi Mobil Gratis

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali kembali menggelar uji emisi mobil secara gratis. Kegiatan ini digelar selama empat hari, Senin-Kamis (11-14/9/2023). Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Boyolali kembali menggelar uji emisi mobil secara gratis. Kegiatan ini digelar selama empat hari, Senin-Kamis (11-14/9/2023). Kegiatan uji emisi mobil itu bertempat di gedung uji milik Dishub Boyolali.

Kabid Pengujian dan Rekayasa Kendaraan, Dishub Boyolali, Heri Subagyo menjelaskan, uji emisi tersebut digelar secara gratis. Hanya saja, pihaknya membatasi jumlah kendaraan yang akan dilayani.

“Kami batasi jumlah kendaraan yang dilayani untuk uji emisi ini, yaitu maksimal 50 kendaraan/ hari. Layanan dilakukan pukul 13.00- 15.00,” katanya, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga :  Suasana Pilkada 2024 Sudah Menghangat di Boyolali, Sejumlah Baliho Bertebaran di Sudut-sudut Strategis

Dijelaskan, kegiatan uji emisi ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa pada Kamis (5/9/2023) lalu. Mengingat animo masyarakat, utamanya para pemilik mobil sangat tinggi. Mereka antusias untuk mengikuti uji emisi kendaraan miliknya.

“Pengecekan emisi bukan untuk mencari kesalahan pemilik kendaraan. Juga tak ada sanksi bagi pemilik kendaraan yang terbukti melebihi ambang batas,” lanjutnya.

Namun kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kadar emisi gas buang kendaraan yang melintas Boyolali. Hal ini merujuk pada Permen LH No 8/2023 tentang Tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor Kategori M, Kategori N, Kategori O dan Kategori L.

Baca Juga :  Memprihatinkan, Prasasti Sarungga di Cepogo, Boyolali  Merana, Belum Dilindungi Secara Arkeologis

Diungkapkan, dalam uji emisi tanggal 5 September lalu, tercatat sebanyak 67 kendaraan lolos uji dan 11 lainnya tidak lolos uji. Untuk pemilik kendaraan yang tak lolos uji, disarankan untuk konsultasi dengan bengkel langganan masing- masing.

“Ini sebagai upaya kami untuk turut menjaga kondisi udara bersih,” tegasnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com