JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN Fakultas Keolahragaan UNS Gelar Tes Kebugaran bagi Atlet PB Surya Tidar, Magelang

Mahasiswa KKN FKOR UNS sedang melakukan tes kebugaran fisik bagi para atlet PB Surya Tidar Magelang dengan menggunakan metode Multistage Fitness Test | Foto: Istimewa

MAGELANG, JOGLOSEMARNEWS.COM Mahasiswa KKN tematik Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS, Surakarta menyelenggarakan tes kebugaran jasmani bagi para atlet di PB Surya Tidar, Kota Magelang.

Yoni Tunggul Wijaya selaku perwakilan tim KKN tematik FKOR UNS melalui rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, tes yang di stadion H Moch Soebroto, Kota Magelang tersebut dilakukan dengan menggunakan instrumen tes fisik, yaitu MFT (Multistage Fitness Test).

“Tes fisik ini dilakukan untuk mengetahui seberapa bugar kondisi fisik atlet, terutama pada volume oksigen atlet,” ujar Yoni Tunggul.

Menurutnya, tes fisik tersebut dapat bermanfaat bagi  pelatih untuk mengukur kemampuan, memperbaiki VO Max, di mana hal itu sangat penting  untuk meningkatkan pembinaan prestasi atlet.

Lebih lanjut, Yoni Unggul menjelaskan, kegiatan tes fisik tersebut menggunakan metode MFT, dengan tujuan untuk  mengukur kapasitas paru atlet.

Tes ini dilakukan dengan  menggunakan suara dari cassete. Teknisnya,  atlet diminta untuk berlari dalam lintasan sesuai dengan intruksi pada cassete yang jaraknya 20 meter.

Dalam pelaksanaan tes tersebut, ketika atlet tertinggal dua kali bunyi bip atau tertinggal 2 level, atlet kemudian ditarik dari tes, lalu  skor atlet  dicatat sebagai hasil dalam tes tersebut.

Mahasiswa KKN FKOR UNS berfoto bersama dengan pelatih dan para atlet di GOR Djarum, Magelang | Foto: Istimewa

Adapun dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN bertindak sebagai testor. Mereka melakukan monitoring, mengevaluasi, serta memberikan perlakuan latihan fisik.

Pada akhir pemberian program latihan fisik, mahasiswa melakukan tes fisik kedua untuk mengetahui adakah peningkatan kualitas fisik pada para atlet atas treatment yang diberikan.

“Perlu disadari bagi pelatih bahwa kualitas fisik atlet sangat diperlukan, karena kualitas fisik atlet bisa menentukan hasil pembinaan prestasi bagi para atlet,” paparnya.

Ke depannya, demikian Yoni Unggul, jika ingin mendapatkan pembinaan prestasi yang baik, dalam periodisasi latihan, atlet harus dikondisikan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan atlet.

Yoni Unggul berharap, tes kebugaran jasmani tersebut mampu menjadi parameter bagi para pelatih untuk memaksimalkan kualitas para atlet binaannya.

“Sementara secara internal bagi mahasiwa, KKN tersebut menjadi media tepat bagi mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang mereka dapatkan di bangku kuliah pada atlet di lapangan, dengan berpedoman pada  azas-azas kepelatihan,” paparnya.

Untuk diketahui, tim KKN FKOR UNS ini terdiri dari delapan personel, yang masing-masing adalah Zidan Kemal El Hafidh (Ketua), Al Gazza Giri Parako, Anwar Fauzi, Annisa Az Zahra, Gabriela Esther K, Indah Tri Handayani, M. Agung Hadi P dan Yoni Tunggul Wijaya.  [Redaksi]

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com