JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Tak Hanya Digoreng, Ternyata di Boyolali Lele Bisa Dibikin Dawet, Dimsum Hingga Pizza, Bagaimana Rasanya?

Lomba kreasi olahan lele yang digelar Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Boyolali, Kamis (7/9/2023). Waskita
ย ย ย 

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Lele pada umumnya dimakan dengan cara digoreng. Namun ternyata lele juga diolah menjadi aneka makanan.

Seperti terlihat dalam lomba yang digelar Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Boyolali, Kamis (7/9/2023). Ya, lele bisa diolah menjadi makanan yang menggugah selera seperti dawet, dimsum, pizza dan aneka makanan lainnya.

Menurut Wakil Ketua II GOW Boyolali, Siti Tasdiqoh, selain murah, lele juga kaya protein dan vitamin B12. Apalagi produksi ikan lele di Boyolali melimpah. โ€œDiharapkan, kreasi olahan ini bisa memenuhi kebutuhan gizi anak untuk mencegah stunting. Jadi balita jadi senang makan olahan lele,โ€ ujarnya disela lomba.

Baca Juga :  Buruh Pabrik Klaten Tewas Kecelakaan di Boyolali

Diungkapkan, lomba kreasi tersebut diikuti 40 peserta dari 27 organisasi di Boyolali. Baik dari IDI, IBI, IWAPI, Bhayangkari, Persit dan lainnya. Mereka berkreasi membuat aneka olahan lele seperti dawet, pizza, dimsum, mangut dan jenis masakan lainnya,

โ€œLele itu proteinnya tinggi, kami sudah bandingkan dengan nila dan kakap. Selain itu, harga lele juga lebih murah dan terjangkau,โ€ katanya.

Salah satu peserta asal Kelurahan Susiloharjo, Kecamatan Boyolali Kota, Joko Sri Mardiyati mengaku membuat olahan daging lele menjadi dimsum. Kreasi olahan ini sudah dibuatnya setahun yang lalu.

Baca Juga :  Wali Murid Keluhkan Tarikan Sewa Bangku dan Buku di SMPN 2 Boyolali, Ini Penjelasan Kepala Sekolah

Awalnya dia membuat sekedar coba-coba sebagai makanan ringan sang cucu. โ€œIni dimsum lele. Dagingnya buat dimsum, kalau kulitnya dibikin keripik .Ternyata cucunya justru suka dan sering minta dibuatkan.โ€

Cara pembuatannya juga cukup mudah, tinggal menyiapkan kulit pangsit. Kemudian daging lele dibersihkan dan dihaluskan. Setelah itu dicampur dengan rajangan wortel, daun bawang lalu ditambahkan telur, tepung terigu dan bumbu.

โ€œDicampur rata dan tinggal diisikan pada kulit pangsit,lalu dikukus. Enaknya disajikan pas hangat,โ€ katanya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com