JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

UMUKA Solo Gelar Sosialisasi Penguatan Pendidikan Pasca SMK sebagai Modal Meraih Masa Depan

UMUKA Solo saat menggelar sosialisasi penguatan pendidikan pasca SMK di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, Rabu (13/9/2023) | Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Muhammadiyah Karanganyar atau populer disebut UMUKA Solo menggelar sosialisasi tentang penguatan pendidikan pasca jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar, Rabu (13/9/2023).

Sosialisasi digelar di tengah acara  kegiatan P5, yakni Proyek Peningkatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema pentingnya studi lanjut.

Fokus sosialisasi adalah menyadarkan mindset  pentingnya lulusan SMK untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi guna meningkatkan kompetensi.

Kompetensi keilmuan dibangku kuliah sangat vital karena sebagai modal siswa lulusan SMK guna meraih masa depan ditengah tantangan lapangan kerja. Sebab dinamika lapangan kerja makin komplek beragam serta berbasis digital.

Dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis UMUKA Solo,  Dr Ir Diwi Acita Irawati MP IPU mengatakan secara umum lulusan SMK boleh dikata berpotensi siap kerja karena memiliki basis pendidikan kejuruan.

Hanya saja akan lebih hebat jika lulusan SMK meneruskan kuliah di perguruan tinggi karena kekayaan ilmunya makin bertambah lengkap dan strategis.

“Harapan kami lulusan SMK justru langsung segera kuliah karena akan makin fokus eksploratif sehingga setelah lulus menjadi sarjana maka peluang kerjanya luas dan kompetensinya unggul,” ungkap Dekan Fakultas Komunikasi dan Bisnis UMUKA Solo Dr Ir Diwi Acita Irawati MP IPU di sela Sosialisasi tersebut.

Untuk itu, Dr Diwi Acita Irawati mendorong siswa SMK terutama yang sudah kelas tiga segera berpikir untuk kuliah.

Sedangkan UMUKA Solo lanjutnya tergolong kampus yang representatif menjadi pilihan lulusan SMK karena di UMUKA Solo banyak pilihan Program Studi (Prodi) spesifik selaras sinergi dengan pendidikan SMK.

“Di UMUKA Solo memiliki Prodi yang spesifik siap kerja seperti  Prodi Komunikasi dan bisnis digital, Fisioterapi, peternakan dan Prodi lainnya,” pungkas Dr Diwi Acita Irawati.

Sementara itu Kabiro bidang umum UMUKA Solo Drs Sumarno MH mengatakan animo masyarakat untuk kuliah di UMUKA Solo meningkat pesat.

Pasalnya, sebagai universitas baru namun komitmen untuk menjadi universitas yang maju terus dipacu dengan hadirnya dosen dosen berkualitas unggul.

Selain itu seiring meningkatnya jumlah mahasiswa UMUKA Solo sedang membangun kampus Lantai 7.

“Alhamdullilah jumlah mahasiswa yang mendaftar di UMUKA Solo terus meningkat hingga mencapai lebih dari 300 orang dan saat ini pendaftaran gelombang terakhir masih dibuka,” ungkap Kabiro bidang umum UMUKA Solo Drs Sumarno MH kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Sumarno menjelaskan, melihat dinamika kenaikan jumlah pendafaftar diperkirakan hingga akhir tahun ini diharapkan tercapai target sebanyak 500 mahasiswa baru. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com