JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Mayoritas Hanya Digunakan untuk Menanak Nasi, Ini Fungsi Lain dari Rice Cooker

Ilustrasi Rice Cooker. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membagikan rice cooker atau penanak nasi kepada masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan penggunaan energi bersih di sektor rumah tangga.

Rice cooker adalah alat masak listrik yang menggunakan energi listrik untuk menanak nasi. Dengan menggunakan rice cooker, masyarakat dapat mengurangi penggunaan energi biomassa, seperti kayu bakar dan arang, untuk memasak nasi.

Selain itu, rice cooker juga lebih praktis dan efisien daripada memasak nasi dengan kayu bakar atau arang. Rice cooker dapat memasak nasi dengan cepat dan mudah, sehingga masyarakat dapat menghemat waktu dan tenaga.

Selain bisa digunakan untuk menanak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk hal lainnya. Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 fungsi rice cooker selain menanak nasi:

1.Alat Penggorengan

Ingin menggoreng daging, ikan, atau telur tapi lagi mode hemat gas? Mungkin dapat mencoba untuk menggunakan rice cooker. Hampir sama dengan proses goreng pada umumnya, namun, menggoreng di dalam rice cooker memerlukan minyak yang cukup banyak, serta spatula dari kayu yang tidak menimbulkan kelupasan pada logam rice cooker.

2. Menggantikan Fungsi Panci sebagai Alat Rebus

Bagi anak kos, memasak mie dan merebus air mungkin sudah pernah dilakukan pada rice cooker. Hanya saja prosesnya memerlukan waktu lebih lama dibandingkan memasak mie menggunakan kompor pada umumnya. Namun, cara ini lebih praktis untuk dilakukan bagi yang terbatas memiliki alat masak.

3. Pengganti Microwave

Dapat menghangatkan atau memanaskan makanan dan minuman, membuat beberapa orang menggunakan rice cooker untuk menyimpan makanan atau minuman mereka di dalamnya. Dan ini sangat membantu untuk menghemat biaya juga waktu, tidak seperti microwave yang bisa membuat gosong apabila terlalu lama, makanan yang tersimpan dalam rice cooker akan tetap hangat.

4. Mengukus

Sedang ingin bikin roti namun tidak memiliki oven? Tidak perlu membeli alat pengukus atau oven, untuk menghemat budget rice cooker sangat membantu. Yang paling penting ketika akan mengukus makanan, jangan lupa mengoleskan margarin pada lapisan bawah panci agar tidak terkikis. Mengukus dalam rice cooker usahakan tidak melebihi satu jam agar tidak cepat rusak.

5. Membuat Agar-agar

Umumnya ketika membuat jelly atau agar-agar. Setelah cairan jelly mendidih akan ditiriskan terlebih dahulu dan dicetak. Namun, saat menggunakan panci rice cooker, cukup rebus air bersamaan dengan dimasukkan bubur agar-agar serta pemanis. Setelah mendidih dapat langsung didinginkan tanpa dicetak lagi. Efektif bukan?

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com