JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cabai Mengandung Vitamin K1, Ini Sederet Manfaatnya

ilustrasi harga cabai meroket
Ilustrasi tanaman cabe rawit siap panen. Belakangan ini harga cabai meroket Foto/Istimewa
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Cabai memiliki rasa yang pedas, meski demikian banyak orang yang menyukai makanan pedas ini. Di balik rasanya yang pedas, cabai mengandung vitamin K1.

Dilansir melalui narayahealth.org, vitamin K1 merupakan komponen penting dalam mekanisme pembekuan darah dan diperlukan untuk kesehatan tulang serta ginjal.

Vitamin K ini berperan penting dalam koagulasi atau pembekuan darah. Sehingga, ia juga berfungsi untuk mencegah pendarahan yang berlebihan.

Dilansir melalui kemkes.go.id, vitamin ini terdiri atas senyawa yang menyatu untuk mensintesis protein yang berperan dalam membekukan darah. Namun, dibalik segudang manfaatnya, vitamin ini juga bisa meningkatkan osteoporosis dan penyakit jantung. Dengan gejala seperti mudah memar, hingga luka yang sulit sembuh.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Untuk yang kekurangan vitamin K ini, dapat ditandai dengan pendarahan berlebihan yang bukan hanya di area luka, area tanpa luka juga. Orang dengan kekurangan vitamin K ini akan mengalami pendarahan ketika memar biasa, juga dapat mengalami gumpalan darah di bawah kuku, berdarah di selaput lendir, bahkan mengeluarkan tinja dengan konsistensi seperti bola hitam gelap.

Dilansir melalui siloamhospitals.com, beberapa manfaat dari Vitamin K ini, diantaranya:

1. Meningkatkan kekuatan gigi

Sama seperti pada tulang, proses pertumbuhan gigi memiliki fungsi mengaktifkan osteokalsin yang mengikat kalsium ke gigi. Kemudian, dia akan merangsang pertumbuhan gigi baru dan meningkatkan kekuatan gigi.

2. Menjaga fungsi kognitif

Kadar vitamin K yang tinggi membantu daya ingat lansia yang lebih baik. Sehingga mengonsumsinya dapat menjadi cara yang bisa dilakukan dalam memperlambat penurunan fungsi kognitif.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

Bukan hanya vitamin K1 yang berfungsi dalam cabai, tanaman ini juga mengandung vitamin lain. Seperti vitamin C yang merupakan antioksidan yang membantu mempercepat proses penyembuhan dan membantu memaksimalkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin B6 yang bisa meningkatkan metabolisme, potassiumnya yang menurunkan risiko penyakit jantung. Hingga tembaga yang menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk manfaat lainnya dari cabai, dilansir melalui ai-care.id, kandungan capsaicin di dalam tanaman ini dapat membantu mengikat reseptor rasa sakit. Sehingga, ia menyebabkan sensasi terbakar, namun tidak menyebabkan luka bakar. Maka dengan mengonsumsinya, dapat menurunkan kepekaan terhadap rasa sakit karena terbiasa dengan rasa pedasnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com