JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Libur Nataru, Masyarakat Serbu Destinasi Wisata di Boyolali, Umbul dan KRIB Banjir Pengunjung

Pengunjung bersantai di pinggiran Umbul Sungsang. Istimewa
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Libur natal dan tahun baru (Nataru) berdampak positif terhadap tingkat kunjungan tempat wisata di Boyolali. Warga memanfaatkan momen liburan untuk bersantai.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) di Kecamatan Mojosongo, salah satunya. Tempat wisata yang diresmikan semasa Bupati Seno Samodro tersebut merasakan berkah libur nataru. Ya, jumlah pengunjung pun mengalami peningkatan signifikan.

“Apalagi pada akhir pekan, Sabtu- Minggu, jumlah pengunjung pun meningkat drastis. Musim libur Nataru tahun ini memang mendongkrak jumlah pengunjung KRIB,” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali, Suraji, Selasa (26/12/2023).

Dijelaskan, pada Sabtu (23/12/2023) jumlah pengunjung mencapai 2.894 orang. Kemudian pada Minggu (24/12/2023) pengunjung tercatat sebanyak 1.750 orang. Para pengunjung rata- rata adalah keluarga atau rombongan.

Baca Juga :  PDIP dan PKS Jalin Koalisi Hadapi Pilkada Boyolali 2024

Lonjakan pengunjung juga terjadi di Umbul Sungsang dan Umbul Tirtomarto di Komplek Wisata Pengging, Kecamatan Banyudono. Para pengunjung tertarik untuk berenang di umbul yang memiliki sumber air alami.

Pengelola Umbul Sungsang, Timbul mengatakan selama libur Nataru, jumlah pengunjung naik hingga 70 persen. Biasanya hanya 200 orang/ hari. Namun pada liburan kali ini, naik menjadi 350 orang/ hari.

“Pasca pandemi, pengunjung mulai membaik. Bahkan, pengunjung yang datang pada liburan kali ini lebih tinggi dibanding libur lebaran lalu
,” katanya.

Baca Juga :  Ultah ke-5, Kebun Raya Indrokilo Boyolali Diserbu Anak-anak Sekolah

Lonjakan pengunjung juga terjadi di Umbul Tirtomarto yang merupakan tempat pemandian peninggalan Karaton Surakarta. Menurut pengelola umbul, Wardoyo, pengunjung di Umbul Tirtomarto berkisar 200-an orang/ hari.

“Namun pada Minggu (24/12/2023) kemarin meningkat jadi 360-an pengunjung. Kalau Senin (25/12/2023) turun dikit, sekitar 300,” katanya.

Umbul Tirtomarto memiliki beberapa kolam pemandian yang sudah ada sejak tahun 1.893 lalu. Kolam tersebut sebagai tempat pemandian para keluarga Raja Kasunanan Surakarta. Ada Umbul Dudo, Umbul Ngabeyan yang merupakan pemandian favorit Raja Paku Buwono X, serta Umbul Temanten. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com