JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Libur Sekolah ke Pantai Klothok Wonogiri, Anyar Gris Recommended buat Piknik

Pantai Klothok
Pantai Klothok Paranggupito Wonogiri. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Libur sekolah selama sekitar dua pekan, sah sah saja loh ambil barang sehari dua hari buat piknik. Soal destinasi, ini ada yang sangat recommended, namanya Pantai Klothok Paranggupito Wonogiri.

Pantai Klothok Paranggupito Wonogiri disebut sebut anyar gris atau terbilang baru. Sebenarnya Pantai Klothok sudah ada sejak lama, hanya saja selama ini kurang begitu diperhatikan.

Nah, tahun ini Pemkab Wonogiri melaksanakan revitalisasi Pantai Klothok yang berada di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri rampung. Usai dipercantik, kunjungan ke tempat wisata itu disebut meningkat.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata alias Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto mengatakan tahapan revitalisasi Pantai Klothok sudah mencapai 100 persen.

“Sudah 100 persen yang Pantai Klothok,” ungkap Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Seragam Gratis Wonogiri 2024, Peranak SD-SMP Jateng Tenggara Dapat 3 Stel Tanpa Bayar

Pengunjung tetap bisa berwisata di Pantai Klothok. Menurut dia, sejak awal tidak ada penutupan untuk wisatawan selama pengerjaan berlangsung.

“Selama ini tidak ada penutupan, sejak pengerjaan bulan Juli tetap kami buka,” ujar Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto.

Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto menyebut, setelah Pantai Klothok dipercantik, pantai tersebut mulai ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan saat masih dikerjakan, banyak wisatawan yang penasaran sehingga berkunjung ke sana.

Diketahui revitalisasi yang dikerjakan di Pantai Klothok di antaranya lahan parkir, plaza pengunjung. Juga jalur pedestrian ciamik yang terhubung dengan Pantai Sembukan hingga dan gazebo di bukit di sekitaran pantai.

“Sudah ramai, setelah revitalisasi pengunjung sangat meningkat. Sudah banyak yang kesana,” kata Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto.

Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto menyebut, setelah direvitalisasi, Pantai Klothok ditargetkan menjadi salah satu destinasi andalan Wonogiri.

Baca Juga :  Perbedaan Aki Soak dan Aki Rusak, Gejala dan Penanganannya

Sementara itu, untuk Pantai Sembukan yang juga direvitalisasi bebarang dengan Pantai Klothok, tahapan pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.

“Akhir tahun pasti selesai semuanya sudah siap. Tinggal ruang pertemuan joglo yang dari kayu itu,” jelas Kepala Disporapar Wonogiri Haryanto.

Adapun fasilitas yang akan dibangun di Pantai Sembukan diantaranya visibilitas seperti logo Gunung Sewu Unesco Global Geopark, penataan lahan parkir, penataan lokasi UMKM dan jalur pedestrian di sekitar kawasan pantai.

Sebagai informasi, anggaran yang digelontorkan untuk revitalisasi dua pantai itu sebesar Rp 10 miliar. Untuk Pantai Klotok, dianggarkan sebesar Rp 5 miliar yang berasal dari DAK fisik bidang pariwisata.

Sementara untuk Pantai Sembukan juga dianggarkan sebesar Rp 5 miliar yang merupakan Banprov, untuk mendukung revalidasi Gunung Sewu Unesco Global Geopark. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com