JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

‘Penerus Negeri’ Jateng Sukses Gelar Acara ‘Bantu Negeri’ di Ngargoyoso Karanganyar

Komunitas Penerus Negeri wilayah Jawa tengah sedang berfoto bersama dengan ibu-ibu peserta penyuluhan tentang stunting di Ngargoyoso, Karanganyar | Foto: Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar yang tergabung dalam komunitas Penerus Negeri wilayah Jawa Tengah menggelar acara “Bantu Negeri” di Agrowisata Omah Jambu, Selasa (26/12/2023).

Koordinator Penerus Negeri Wilayah Jawa Tengah, Alfreno Kautsar Ramadhan menjelaskan, acara “Bantu Negeri” menyajikan rangkaian kegiatan yang beragam, mulai dari penyuluhan mengenai stunting, talkshow kewirausahaan, hingga program sampah jadi sembako.

Penyuluhan tentang stunting dilakukan, terutama untuk meningkatkan kesadaran kesehatan ibu hamil. Para peserta juga mendapatkan poster stunting sebagai panduan penting.

Tak hanya itu, menurut Alfreno Kautsar, talkshow Wirausaha turut dihadirkan, untuk memberikan inspirasi dan wawasan bagi masyarakat sekitar, selain tentunya, program sampah jadi sembako.

Alfreno menjelaskan, salah satu highlight dari acara itu adalah pemberian modal usaha kepada para calon wirausaha lokal yang berpotensi.

“Ini menjadi langkah nyata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Program Bantu Negeri juga memberikan bantuan dalam pembuatan NIB & PT perorangan, mendukung pengembangan usaha kecil hingga menengah,” ujarnya, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Komunitas Penerus Negeri wilayah Jawa Tengah sedang berfoto bersama di Agrowisata Omah Jambu | Foto: Istimewa

Menurut Alfreno, seseorang harus memiliki sasaran dan tujuan yang jelas saat sudah bertekad untuk terjun ke dunia usaha.

Baca Juga :  Kelompok Riset IPA FKIP UNS Selenggarakan In House Training Guru Karanganyar

“Menjadi pengusaha harus memiliki sasaran dan tujuan yang jelas,” bebernya.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam mengembangkan semangat berwirausaha di kalangan kaum muda, kita memiliki tanggung jawab bersama untuk menciptakan peluang nyata.

“Program Bantu Negeri bukan hanya memberikan modal usaha, tetapi juga mendukung langkah konkret dengan memfasilitasi pembuatan NIB & PT perorangan. Mari bersama-sama berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal,” lanjutnya.

Di luar itu, acara tersebut juga menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan menggabungkan inisiatif “Sampah jadi Sembako”.

Baca Juga :  Sukses Tahun Sebelumnya, UMKM Ngringo Expo#2 Tahun 2024 Targetkan 5.000 Pengunjung

“Melalui kegiatan ini, sampah yang dikelola dengan baik dapat menjadi sumber daya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” timbunnya.

Sementara itu, Koordinator Nasional Penerus Negeri, Pradana Indraputra mengatakan, “Penerus Negeri” hadir dengan pendekatan kampanye yang berbeda.

“Kami tidak sekadar mengedukasi, tapi juga memperdayakan dan memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat melalui program Bantu Negeri. Melalui metode inovatif ini, kami bertekad untuk menciptakan pemahaman yang mendalam, mendorong pertumbuhan, dan memberikan dukungan yang nyata bagi kemajuan negeri ini,” ujarnya.

Adapun pemerhati wanita & kesehatan anak, Nindi Octavia dalam paparannya menjelaskan, masyarakat perlu disadarkan akan pentingnya gizi seimbang untuk pertumbuhan anak.

“Dengan memberikan nutrisi yang tepat, kita dapat membantu mencegah stunting dan meningkatkan kesadaran akan peran penting asupan makanan dalam pembentukan generasi yang sehat,” paparnya. Suhamdani

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com