JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Foto Bersama Kaesang, Sultan HB X Ngapurancang Tiga Jari, Ada Apa?

Foto Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) dan istrinya, Erina Gudono menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Komplek Kantor Gubernur Kepatihan Yogyakarta Minggu (14/1/2024). Foto ini menimbulkan kehebohan di media sosial, karena netizen menganggap Sultan Yogyakarta menunjukkan isyarat tiga jari. Benarkah itu simbol dukungan pada salah satu paslon? | Instagram/Kaesang Pangarep
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sikap ngapurancang Gubernur DIY, Sri Sultan HB X saat berfoto bersama putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan isterinya, Erina Gudono, sempat menggelitik dan memancing spekulasi warganet.

Pasalnya, dalam sikap ngapurancang itu, jari kelingking dan ibu jari tidak kelihatan. Yang kelihatan hanyalah jadi telunjuk, jari tengah dan jari manis.

Warganet pun sempat bertanya-tanya, apakah itu sebuah simbol dukungan Sri Sultan HB X terhadap pasangan calon presiden nomor urut 3, Ganjar-Mahfud?

Foto itu terpampang dalam postingan Instagram milik Kaesang Pangarep, @kaesangp, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Yang pasti, dalam etika Jawa ngapurancang mencerminkan sikap rendah hati serta kesiapan untuk mendengarkan dan menghormati pihak lain.

Baca Juga :  PAN Lebih Memilih Zita Anjani Ketimbang Kaesang untuk Dampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Sultan HB X sendiri menolak memberikan tanggapan terkait spekulasi mengenai gestur tubuhnya saat berfoto bersama Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, ketika ditanya oleh wartawan dalam agenda kunjungan kerja ke Kulonprogo pada Senin (15/1/2024) siang.

Sebagaimana diketahui, Kaesang Pangarep, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mengadakan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Minggu (14/1/2024).

Pertemuan tersebut bersifat tertutup dan hanya dihadiri oleh Kaesang dan istrinya, Erina Gudono. Ketika ditanya oleh awak media mengenai pertemuan tersebut, Kaesang menyatakan.

Baca Juga :  LSM Sarang Lidi: Pemberian Hadiah dari Walimurid ke Guru Termasuk Gratifikasi. Harusnya Ada Sanksi

“Ya, sudah dijawab di Instagram saya saja,” demikian katanya.

Dalam postingan Instagram-nya @kaesangp, Kaesang menceritakan pertemuan tersebut merupakan acara silaturahim.

Sri Sultan Hamengkubuwono X juga berbagi pengalamannya dalam memimpin Yogyakarta dan memberikan wejangan terkait kepemimpinan.

Selama hari itu, Kaesang juga bertemu dengan Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Rumah Dinas Ibu Kota Gunung Kidul di Wonosari, Yogyakarta. Adik cawapres Gibran Rakabuming Raka itu menyatakan bahwa pertemuan dengan bupati tersebut bersifat silaturahim.

“Santai-santai saja, tidak ada pembicaraan politik sama sekali,” kata Kaesang sambil membagikan foto ketiganya bersama Erina Gudono dan Ngarsa Dalem.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com