JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Polres Sragen Tangkap 2 Orang Komplotan Residivis Pencuri Susu di Sukodono, Polisi: Kerugian Mencapai Rp 6.361.000

Kasat Reskrim Polres Sragen AKP Wikan Sri Kadiyono saat melihatkan dua orang komplotan spesialis mencuri susu berhasil diringkus Polres Sragen
Kasat Reskrim Polres Sragen AKP Wikan Sri Kadiyono saat melihatkan dua orang komplotan spesialis mencuri susu berhasil diringkus Polres Sragen
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Polres Sragen kembali mengungkap kasus pencurian di wilayah kabupaten Sragen, kali ini anggota kepolisian polres Sragen berhasil mengungkap aksi grombolan spesialis curi susu di minimarket wilayah Sukodono, dua orang pria residivis berusia lanjut.

Pengungkapan kasus pencurian susu di minimarket wilayah Sukodono tersebut bermula dari penangkapan salah satu pelaku yang tergabung dalam komplotan pencurian susu merk Chil Kid di minimarket Dukuh Harjosari, Desa Majenang, Kecamatan Sukodono Sragen, Jawa Tengah.

Pada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam melalui Kasat Reskrim AKP Wikan Sri Kadiyono menyampaikan para pelaku melakukan aksinya pada 8 Desember 2023 lalu.

“Kasus tersebut baru dilaporkan oleh korban bernam Anik Murniati (41) setelah salah satu dari pelaku yang merupakan komplotan 6 orang berinisial S (53) warga Surabaya berhasil ditangkap.

Bermula dari kecurigaan pemilik toko saat akan menutup toko pada 8 Desember 2023, dimana etalase yang berisi susu merk Chil Kid banyak kosong,” kata AKP Wikan Sri Kadiyono, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Sementara itu dari kecurigaan tersebut, korban kemudian mengecek rekaman CCTV, yang terlihat pelaku mengambil susu dan dimasukan ke dalam keranjang belanja dalam jumlah banyak, untuk kemudian diduga diserahkan kepada pelaku lainnya yang masuk ke toko dan hanya terlihat berputar-putar dan melihat-lihat toko saja.

“Kemudian pelaku kembali lagi bersama dua rekannya pada Jumat, 12 Januari 2024 diduga akan melakukan aksi serupa.

Namun kedatangan pelaku dicurigai dan diamati oleh satu salah karyawan toko, dan melaporkan kedatangan pelaku kepada korban.

Merasa bahwa aksinya terendus, maka pelaku dengan segera meninggalkan toko bersama rekan-rekannya, namun dapat diamankan oleh korban bersama-sama warga sekitar di jalan raya Sukodono, Dukuh Harjosari Majenang Sukodono Sragen, kemudian diserahkan ke Mapolsek Sukodono untuk proses hukum,” jelasnya.

Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian berupa 24 susu merk Chil Kid beragam ukuran dan jenis, dengan total kerugian sebesar Rp.6.361.000.

Dari penangkapan S, tersebut, kemudian berhasil dikembangkan oleh tim Resmob Polres Sragen dan kembali menangkap salah satu pelaku lainnya berinisial AS (60) warga Surabaya.

Baca Juga :  Berkah Hari Raya Idul Fitri Toko Pusat Oleh-oleh di Sragen Diserbu Pembeli

“Tersangka S berperan sebagai eksekutor, sementara AS pembawa hasil curian bersama-sama para pelaku lainnya yang saat ini dalam pencarian Kepolisian, (DPO) Modusnya, para pelaku bersama-sama masuk ke dalam toko minimarket kemudian pelaku S, mengambil barang-barang berupa susu merk Chil Kid untuk kemudian diberikan kepada pelaku lainnya, dan disimpan ke dalam tas punggung serta di dalam baju para pelaku lainnya.

Dengan memanfaatkan kelengahan penjaga toko, pelaku S berpura-pura berbelanja di kasir untuk mengecoh penjaga, sementara lima pelaku lainnya keluar dari toko tanpa membayar di kasir dan berhasil membawa hasil curian,” bebernya.

Kasus ini masih terus dikembangkan dan ditangani secara intensif oleh penyidik Sat Reskrim Polres Sragen, untuk menemukan para pelaku.

“Motif para pelaku karena permasalah ekonomi, meski demikian, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dan atau pemberatan,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com