JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Angin Puting Beliung Porakporandakan Puluhan Rumah di Gunungkidul, Warga Diimbau Waspada

Kondisi salah satu rumah di Gunungkidul yang porak poranda disapu angin kencang saat terjadi hujan pada Rabu (28/2/2024) sore | tribunnews
   

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM Angin puting beliung melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Gunungkidul tepatnya di Kapanewon Patuk dan Playen, pada Rabu (28/2/2024) sore kemarin.

Akibat bencana ini, puluhan rumah dilaporkan mengalami kerusakan mulai sedang hingga berat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi mengatakan, angin puting beliung terjadi usai hujan deras disertai angin kencang yang berlangsung dengan durasi cukup lama.

“Kejadian angin puting beliung berlangsung sekitar 10-15 menit. Itu, membuat 23 rumah rusak, sebanyak 4 rumah dan 1 tiang listrik di Playen. Kemudian, di Patuk sebanyak 19 rumah yang terdampak. Rata-rata kerusakan itu pada bagian atapnya,” ujarnya kepada Tribunjogja, Kamis (29/2/2024).

Baca Juga :  Seminggu, Jalan Tol Yogya-Solo Dilalui 58.000 Mobil

Selain dua wilayah tadi, kata dia, hujan deras dan angin kencang turut berdampak di Kapanewon Wonosari. Meskipun, angin puting beliung tidak melanda wilayah ini namun dilaporkan satu jaringan internet mengalami kerusakan.

“Semua kerusakan tadi, saat ini sedang dalam perbaikan oleh tim gabungan. Sedangkan, untuk korban jiwa ataupun luka-luka dipastikan tidak ada atau nihil. Sedangkan, nilai kerugian material dari peristiwa ini ditaksir mencapai Rp7,3 juta,” ujarnya.

Baca Juga :  Warga Gemblakan, Yogya Hilang Terseret Banjir Kali Code

Atas kejadian tersebut, dia mengimbau masyarakat melakukan mitigasi bencana mulai dari memotong pohon-pohon yang sudah lapuk dan berpotensi mengancam jika terjadi angin kencang. Serta melakukan perawatan pada saluran air atuu drainase secara berkala.

“Sebaiknya juga menjauhi atau menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho, aliran sungai, serta daerah rawan bencana,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com