JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Chico Hakim: PDIP Serius Garap Usulan Hak Angket, NasDem, PKB, PKS Siap Mendukung

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Cyril Raoul Hakim (Chico Hakim) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Ditunggu oleh Partai NasDem, PKB dan PKS terkait pengajuan hak angket untuk mengungkap kecurangan Pemilu 2024, PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan tengah serius menggarap rencana pengguliran hak angket tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Cyril Raoul Hakim (Chico Hakim) kepada Tempo pada Jumat (23/2/2024).

“Terkait dengan hak angket ini PDIP sedang sangat serius menggarapnya. Karena ini harus dipersiapkan betul bukti-bukti dan juga argumen-argumentasi yang nanti akan dibawa di dalam prosesnya,” katanya.

Lebih jauh Chico menjelaskan, pengumpulan data dan bukti yang saat ini dirangkum oleh PDIP menjadi salah satu komitmen agar Hak Angket yang diajukan ke Meja Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR tak hanya sebatas usulan saja.

“Kami tidak mau ini menjadi sesuatu yang sifatnya hanya menjadi hal yang diusulkan tetapi tidak berjalan dan tidak memberikan output yang baik dengan maksimal. Ini adalah hal yang sangat serius,” kata dia.

Baca Juga :  Kubu AMIN dan Ganjar-Mahfud Masih Optimistis MK Bakal Lahirkan Putusan Progresif

Chico meminta kepada masyarakat untuk menunggu momentum penggunaan Hak Angket yang juga sebelumnya telah didukung oleh partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan. Mengingat, semua tindak-tanduk memerlukan strategi yang harus dipikirkan secara matang.

“Karena ini terkait dengan hal yang begitu kompleks, apalagi dalam momen Pemilu. Selain bukti-bukti tentunya agenda-agenda yang akan dibawa dan segala hal yang terkait dengan argumentasi, juga harus disiapkan,” kata dia.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengusulkan partai pendukungnya di DPR untuk menggulirkan hak angket. Ganjar menyebut dugaan kecurangan pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mesti disikapi.

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi atau rapat kerja,” kata Ganjar kepada Tempo di rumahnya di Jalan Patra Raya, Jakarta Selatan, pada Jumat (16/2/2024).

Sementara itu, Anies Baswedan juga telah menyampaikan dukungannya agar partai-partai Koalisi Perubahan ikut menggunakan hak angket.

Baca Juga :  Jokowi Dikabarkan Telepon Hakim MK Tanyakan Hasil Putusan Sengketa Pilpres, Ini Penjelasan MK

“Kami siap dengan data-datanya dan di bawah kepemimpinan fraksi terbesar (PDIP) saya yakin partai Koalisi Perubahan siap untuk menjadi bagian dari itu (hak angket),” ucap Anies di Mampang, Jakarta Selatan pada Selasa (20/2/2024).

Sehingga, tiga partai pengusung Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan sudah menyatakan mendukung inisiatif hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Koalisi yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS itu menyatakan bakal menunggu PDIP menggulirkan proses tersebut di DPR.

Komitmen itu disampaikan Sekjen NasDem Hermawi Taslim, Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, dan Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsy.

Ketiga Sekjen partai pendukung pasangan calon presiden dan wakil preaiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar itu bersama-sama menyatakan sikap usai rapat di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Kamis, 22 Februari 2024.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com