JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Misterius! Puluhan Kambing Milik Warga Gunungkidul Menggigil, Kejang-kejang Lalu Mati

Ilustrasi kambing. JSNews. Aris Arianto
ย ย ย 

GUNUNGKIDUL, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Misterius! Sebanyak 22 ekor kambing milik Rohmad, warga Kalurahan Sawahan, Ponjong,ย  Gunungkidul ditemukan mati mendadak, pada Selasa (20/2/2024) kemarin.

Penyebab kematian puluhan kambing itu masih misteri. Hanya saja, diperoleh keterangan bahwa sebelumnya, pemilik sempat memberikan pakan ternak berupa daun telo karet.

Kapolsek Ponjong AKP Yulianto menuturkan, kematian kambing milik Rohmad ini pertama kali diketahui oleh seorang warga bernama Supriyadi.

Saat tengah melintas, Supriyadi mendapati seekor ย kambing sudah dalam kondisi mati di sekitar kandang.

Baca Juga :  Lantik Sudaryono sebagai Wakil Mentan saat Berkontestasi di Pilgub Jateng, Politik Jokowi untuk Amankan Luthfi dan Kaesang?

Dia lantas melaporkan kejadian tersebut kepada pemilik kambing.

“Setelah dicek ternyata satu per satu kambing menggigil dalam kondisi berdiri kemudian lari-lari dan kejang hingga mati. Gejala secara kasat mata tidak diketahui pasti, dan mulut tidak mengeluarkan busa,”ujarnya, Rabu (21/2/2024).

Melihat kejadian itu, pihak kepolisian pun berkoordinasi dengan Dinas Peternakan setempat untuk melakukan pemeriksaan.

“Langsung koordinasi ke Dinas Peternakan untuk memastikan penyebab kematian kambing tersebut,”tuturnya.

Baca Juga :  Pejelasan BPOM Terkait Roti Aoka Bisa Awet Lama hingga 3 Bulan

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul Retno Widiastuti mengatakan, pihaknya langsung melakukan pengecekan langsung ke lokasi kejadian.

“Informasi dari pemilik, ternyata sebelumnya kambing diberi pakan daun telo karet. Sampel-sampel sudah diambil, kami masih menunggu hasil laboratorium untuk memastikan penyebabnya,”imbuhnya.

Dinas sendiri mencatat ada sebanyak 22 ekor kambing yang sudah mati dan dikubur. Sementara yang 4 ekor masih hidup namun ada gejala sakit sebelum akhirnya diobati oleh dokter hewan.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com