JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pemkot Solo Siapkan Mitigasi Antisipasi Bencana Akibat Hujan Lebat

Petugas tengah membersihkan pohon-pohon yang beetumbangan di Jalan Slamet Riyadi Solo akibat hujan disertai angin, Sabtu (11/11/2023) / Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemkot Solo menyiapkan mitigasi khusus sebagai antisipasi bencana akibat hujan lebat yang terjadi di Kota Solo beberapa hari terakhir. Mitigasi disiapkan berkaca pada bemcana banjir tahun lalu dalam periode yang sama.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pihaknya memastikan koordinasi dengan pihak terkait dilakukan intens sebagai upaya mitigasi. Terlebih hujan intensitas tinggi kerap terjadi beberapa waktu terakhir.

Baca Juga :  Berita Duka, Politisi Senior PKS Quatly Abdulkadir Alkatiri Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini 

“Kita dengan BPBD terus koordinasi ya. Hati-hati semua teritama pas mendung,” ujarnya, Selasa (27/2/2024).

Sebelumnya, hujan lebat yang terjadi Minggu (25/2/2024) mengakibatkan genangan air tinggi di sejumlah titik di Kota Solo. Kepala BPBD Solo Nico Agus Putranto memastikan genangam tersebut tidak memberikan dampak berkelanjutan.

Pasalnya, genangan di sejumlah titik tersebut terjadi akibat tersumbatnya saluran air. Genangam air tinggi dan parah sempat terjadi di tiga titik di Kota Solo.

Baca Juga :  Keseruan Melihat Anak Hariamau Benggala di Solo Safari Saat Libur Lebaran

“Lokasinya di empat titik. Di Todipan, Sewu, serta Sudiroprajan. Genangan saja ya dan langsung mandali (aman terkendali),” urainya.

Menurut Nico, genangan parah terjadi karena terdapat saluran air tersumbat. “Memang sampai 50 sentimeter tinggi airnya. Tapi di jalanan, yang masuk rumah hanya sebatas mata kaki. Ada saluran air tersumbat, langsung disedot dan teratasi waktu itu. Jadi bukan karena air sungai meluap,” tegasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com