JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Begini Cara Mencegah Bahaya Narkoba dan Kenakalan Remaja, Digelar Setelah PSTS Berakhir

Narkoba
Sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja di SMPN 3 Girimarto Wonogiri. Dok. SMPN 3 Girimarto Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM SMPN 3 Girimarto Wonogiri melaksanakan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja di sekolah setempat, Sabtu (9/3/2024).

Sosialisasi digelar sekaligus dalam rangka mengisi kegiatan positif setelah Penilaian Sumatif Tengah Semester (PSTS) berakhir. Pihak sekolah menggandeng Polsek Girimarto memberikan materi terkait bahaya narkoba dan kenakalan remaja.

“Memang dipandang sangat perlu sosialisasi terhadap siswa siswi di lingkungan sekolah menengah pertama. Supaya anak anak memiliki pengetahuan tentang jenis narkoba, dampak buruknya, dan cara menjauhinya,” ungkap guru SMPN 3 Girimarto Wonogiri Septiana Dewi.

Soal manfaat kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan pada pelajar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak buruk yang ditimbulkan. Sementara tujuannya meliputi meningkatkan pengetahuan siswa tentang penyalahgunaan narkoba dan dampak buruk yang ditimbulkan, serta siswa dapat bersikap positif sehingga mampu meminimalisir terjadinya perilaku kenakalan remaja.

Baca Juga :  Cara Bayar Pajak Motor Mobil Secara Online, Tak Perlu ke Samsat

Di hadapan murid SMPN 3 Girimarto Wonogiri, Kapolsek Girimarto AKP Hartoyo, membeberkan materi penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja seperti merokok, minuman keras (miras), pornografi, dan akibat tidak tertib berlalu lintas.

“Kenakalan yang sedang marak di lingkungan remaja adalah kenakalan melalui HP dan media sosial. Para remaja bisa mudah mengakses web terlarang yang dampaknya dapat mempengaruhi jiwa, mental dan kepribadian. Oleh karena itu remaja hendaknya memiliki bekal pengetahuan yang cukup dan iman taqwa yang kuat,” terang Kapolsek Girimarto AKP Hartoyo.

Baca Juga :  Lowongan CPNS 2024 dan Lowongan PPPK 2034, Pemerintah Siapkan 1 Juta Lebih Formasi

Para murid juga diberikan tambahan wawasan mengenai banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar. Salah satu penyebabnya karena pengetahuan berlalu lintas di kalangan pelajar masih minim.

Kepala SMPN 3 Girimarto Agata Margareti, memberikan apresiasi kepada Polsek Girimarto. Pihaknya berharap kegiatan itu bisa meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya narkoba dan menambah kesadaran anak untuk berproses menjadi lebih dewasa.

“Dengan kegiatan ini, sekolah dan instansi pendukung bisa bersama-sama mendidik pelajar demi masa depan yang lebih baik,” ungkap Kepala SMPN 3 Girimarto Agata Margareti. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com