JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ratusan Pohon Hiasi Pantai Klotok dan Sembukan Wonogiri: Upaya Alumni Undip Mempercantik dan Memberdayakan Pesisir

Bibit pohon
Penanaman dan penyerahan bibit pohon di kawasan Pantai Klothok dan Sembukan Wonogiri oleh IKA Undip Wonogiri dan Solo Raya. Dok. IKA Undip
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Pantai Klothok dan Sembukan di Desa Paranggupito Kecamatan Paranggupito Wonogiri, Jawa Tengah, kini memiliki wajah baru. Ratusan pohon cemara, kelapa, ketapang, dan buah-buahan menghiasi garis pantai.

Fakta tersebut berkat aksi penghijauan yang digagas oleh Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) Wonogiri dan Solo Raya.

Kegiatan ini bukan hanya soal menghijaukan pantai, tapi juga memberdayakan masyarakat sekitar. Sebagian bibit pohon buah-buahan dibagikan kepada warga. Ke depan warga bisa memanen hasilnya dan menjualnya ke objek wisata, menopang pertumbuhan ekonomi lokal.

Baca Juga :  Rilis Kekeringan Wonogiri Selatan, Bantuan Air Bersih Mulai Mengalir

Ketua DPC IKA Undip Wonogiri Suparno, menjelaskan gerakan ini merupakan kelanjutan dari penebaran benih ikan di Waduk Pidekso Wonogiri tahun lalu. IKA Undip ingin berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi masyarakat di pesisir Wonogiri.

Bibit pohon yang ditanam ini tidak hanya mempercantik pantai, tapi juga bermanfaat untuk mencegah abrasi dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Sekitar 500 bibit pohon ditanam dalam aksi ini, dengan melibatkan anggota IKA Undip Wonogiri dan Soloraya, serta masyarakat setempat,” beber Ketua DPC IKA Undip Wonogiri Suparno.

Koordinator IKA Undip Solo Raya, Isda mengatakan IKA Undip Wonogiri dan Solo Raya terbilang aktif menggelar kegiatan. Dia berharap aksi penanaman pohon itu membawa manfaat bagi masyarakat.

Baca Juga :  Kemarau, 30 KK Warga Dusun Babadan Banaran Pracimantoro Wonogiri Nikmati Air Bersih Lewat Sumur Bor

Sesepuh IKA Undip Wonogiri Suprapto menerangkan, aksi penghijauan menyimpan manfaat jangka panjang dan multiplier effect yang luar biasa. Pantai-pantai Wonogiri juga menyimpan embrio potensi wisata yang sangat menantang.

Camat Paranggupito Catur Susilo Prono, dan Kades Paranggupito Dwi Hartono, turut hadir mendukung kegiatan ini. Keduanya sangat mengapresiasi upaya IKA Undip dalam menghijaukan pantai dan memberdayakan masyarakat. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com