JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mudik Lebaran 2024, 196 Juta Perantau Bakal Pulkam

Foto ilustrasi / Deretan bus parkir di Terminal Tipe A Giri Adipura, Krisak, Selogiri, Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam momen mudik Lebaran 2024 tahun ini diperkirakan sebanyak 196 juta perantau bakal pulkam alias pulang kampung.

Perlu diketahui, sebanyak 196 juta perantau bakal pulkam alias pulang kampung itu hanya yang masuk wilayah Jateng.

Untuk menghadapi arus sebanyak itu stakeholder terkait kini mematangkan persiapan. Salah satunya kepolisian.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Kamis (28/3/2024) menyebut, Operasi Ketupat Candi 2024 akan melibatkan sebanyak 12.506 personil gabungan TNI Polri dan stakeholder terkait. Personil tersebut akan terbagi di 196 Pos yang terdiri dari Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu.

Baca Juga :  Polisi : Siswi SMP Girimarto Gantung Diri Diduga Hamil

“Kita juga siapkan Tim Strong Point yang terdiri dari Satlantas, Samapta dan TNI. Tim ini bergerak secara mobile untuk mengantisipasi kemacetan dan menciptakan Kamseltibcarlantas,” ujar Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Sejumlah direktif juga disampaikan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi. Terutama terkait antisipasi peredaran dan penggunaan petasan, pengamanan dan antisipasi kemacetan di tempat wisata, penanganan bencana, serta pengawasan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

“Semua itu sebagai upaya menciptakan kestabilan harkamtibmas serta menjamin kelancaran, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam ibadah puasa dan saat arus mudik Lebaran 2024,” tegas Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Baca Juga :  Siswi SMP Girimarto Wonogiri Meninggal Gantung Diri, Korban Kelas 9 Saatnya Ujian Sekolah Sebenarnya

Disebutnya, dalam rakor ini juga digelar tactical floor game untuk memetakan permasalahan dan solusi pengaturan arus lalu lintas pada mudik lebaran. Mengingat 193 juta warga diperkirakan akan masuk ke wilayah Jateng pada masa mudik mendatang

“Tactical floor game mensimulasikan solusi terhadap permasalahan lalu lintas yang terjadi di jalur tol, jalur tengah maupun jalur selatan – selatan. Sehingga nanti bila terjadi lonjakan arus kita sudah siap,” tegas Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com