JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tim Mahasiswa Arsitektur UMS Raih Juara 3 Event Archworks 8 Competition

Tim mahasiswa Program studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menjadi juara 3 di event Archworks 8 Competition. Even tersebut diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Jaya Bintaro, dengan tema Access' and Linkages, Encouraging Sustainability. Humas UMS
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM -– Tim mahasiswa Program studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menjadi juara 3 di event Archworks 8 Competition. Even tersebut diselenggarakan oleh Universitas Pembangunan Jaya Bintaro, dengan tema Access’ and Linkages, Encouraging Sustainability.

Sebelumnya, tim Arsitektur ini berhasil meraih Bronze Medal Adhi ICon 2024 Innovation For Construction yang diselenggarakan oleh PT Adhi Karya (Persero) TBK.

Dalam kesempatan itu, Raden Ajeng Luthfia Nur Putri Azizah mengungkapkan alur kejuaraan ini dimulai dari pengiriman karya peserta, kemudian penjurian dengan diambil 35 besar, kemudian babak seleksi menjadi 15 besar. Setelah itu baru dilakukan penjurian 5 besar di MXC Mall Bintaro.

“Tim kami kemarin mengirimkan karya yang berjudul EDUSQUARE. EduSquare : Edu berasal dari kata Education yg berarti Pendidikan. Square sendiri merupakan ruang terbuka hijau,” ungkap Mahasiswa Arsitektur UMS itu saat diwawancarai Selasa, (12/3/2024).

Sehingga EduSquare tersebut, lanjutnya, memiliki makna Ruang Terbuka Hijau yang berupa taman kota, di mana memiliki fungsi sebagai taman penunjang kegiatan pendidikan. Mengingat lokasi EduSquare ini sangat strategis yang dikelilingi oleh banyak fasilitas pendidikan berupa sekolahan.

Baca Juga :  Irit Bicara di Puncak Peringatan HKG PKK Ke-52, Iriana Jokowi: Bagaimana bu, Senang di Solo? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh

“Alhamdulillah kita bisa dapet juara 3, dan ternyata yang dapat juara dari kampus lain itu kebanyakan semester akhir terus juga ada yang sudah lulus,” tambah Luthfia dikutip dari rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM .

Menurut Berlian Putra Pamungkas, melihat presentasi kelompok lain bagus, Tim EduSquare terpacu untuk lebih bagus lagi dari tim yang lain.

“Setiap tim diberikan waktu 10 menit untuk presentasi yang disampaikan saya dan Luthfia. Kemudian untuk Ariz lebih difokuskan pas tanya jawab. Saya cukup puas, karena masing-masing dari kita bisa saling melengkapi dan menguatkan jawaban,” papar Berlian.

Berlian Putra juga menyampaikan bahwa support Prodi Arsitektur UMS luar biasa, mulai dari akomodasi dan bimbingan dari dosen.

“Ini merupakan ilmu dan pengalaman baru, karena tidak semua mendapatkan kesempatan itu,” tegasnya.

Baca Juga :  Baliho Dukungan untuk Ahmad Luthfi Maju Pilgub Jateng Bertebaran di Soloraya

Mahasiswa Arsitektur itu berharap timnya dapat terus berkembang, dan dengan adanya tim ini memberikan prestasi terus untuk prodi Arsitektur UMS.

Hal ini diperkuat oleh Ketua Tim, Ariz Fantrio Larosa apabila prestasi ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Dia berharap semoga bisa terus belajar dari kekurangan sebelumnya, dan dapat meningkatkan pada kejuaraan selanjutnya.

Kepala Prodi Arsitektur UMS, Dr., Nur Rahmawati Syamsiyah, ST., MT., mengapresiasi prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Arsitektur UMS.

“Luar biasa, sebetulnya yang diajukan lomba adalah tugas Mata Kuliah Rekayasa Tapak dan Lansekap. Alhamdulillah karya tersebut bisa mendapatkan Juara 3,” ujar Nur Rahmawati.

Sudah menjadi komitmen Prodi, tambahnya, untuk mendukung penuh biaya akomodasi, pendaftaran dari mahasiswa Arsitektur UMS yang mengikuti perlombaan. Nanti juga akan ada insentif untuk menyemangati mahasiswa yang mendapatkan prestasi.

“Semoga mereka menjadi teamwork yang solid dan siap untuk kompetisi-kompetisi berikutnya,” pungkasnya. Wans

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com