JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Launching Film Lembah Manah Asli Karangtengah Wonogiri, Apik dan Epik Meski Low Budget Crew dan Peralatan Terbatas

Film
Film Lembah Manah dari SMPN 4 Karangtengah Wonogiri. Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Akhirnya film Lembah Manah resmi dilaunching, bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah pasca libur Lebaran 2024, Selasa (16/4/2024).

Launching film Lembah Manah digelar SMPN 4 Karangtengah Wonogiri dalam rangkaian halalbihalal. Satu yang membedakan adalah jika biasanya hikmah halalbihalal disampaikan oleh seorang ustadz/guru, kali ini SMPN 4 Karangtengah Wonogiri menyampaikan hikmah halalbihalal melalui karya seni film perdana mereka berjudul Lembah Manah.

Perilisan film ini sebenarnya sesuai dengan rencana yang telah dimuat melalui media ini. Film dapat ditonton melalui link https://www.youtube.com/watch?v=K_YqdabOuIE.

Setelah satu per satu kegiatan ceremonial halalbihalal dilaksanakan, sebagai penutup semua warga sekolah nobar film perdana mereka film Lembah Manah. Pada bagian akhir semua pemain dan crew diberikan kesempatan berdiri di depan sebagai bentuk latihan apresiasi karya seni sebuah pameran/publikasi karya seni. Sejumlah pemain memberi testimoni tentang proses dan kesan mereka terhadap film.

Kepala SMPN 4 Karangtengah Fajar Prihattanto menjelaskan film Lembah Manah ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana. Yakni menggunakan 1 kamera saja tanpa bantuan perangkat shooting, lighting dan audio recording profesional.

“Adalah tantangan bagi saya untuk menciptakan sebuah karya yang apik dan epik menggunakan peralatan dan crew yang sederhana. Sehingga sejak dulu karya-karya saya memang dibuat dengan low budget dan sederhana tetapi hasilnya tidak jauh dari standar film yang dibuat secara profesional,” jelas Kepala SMPN 4 Karangtengah Fajar Prihattanto.

Film Lembah Manah ini, menurut Kepala SMPN 4 Karangtengah Fajar Prihattanto juga merupakan sebuah pembuktian bahwa dengan segala keterbatasan yang kita miliki, sebenarnya mampu untuk menciptakan karya positif yang bermanfaat.

Baca Juga :  Belajar Videografi Angkat Potensi Lokal Karangtengah Wonogiri

“Pembuatan film berangkat dari keinginan mengangkat potensi alam Karangtengah yang masih asri dan potensi seni warga Desa Jeblogan Kecamatan Karangtengah Wonogiri,” ujar Kepala SMPN 4 Karangtengah Fajar Prihattanto.

Testimoni dan apresiasi juga disampaikan oleh sejumlah pihak. Antara lain dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Wonogiri Supriyanto. Dia berterima kasih dan mengapresiasi kreativitas SMPN 4 Karangtengah Wonogiri.

“Film ini menggambarkan estetika Kecamatan Karangtengah yang alamnya masih original. Semoga film ini menginspirasi anak-anak untuk tetap semangat berjuang, bersekolah, dan tetap menjaga budi pekerti yang luhur,” kata Supriyanto.

Camat Karangtengah Tri Wiyatmoko menerangkan sifat lembah manah, rendah hati, andhap ashor yang dicontohkan seorang guru akan dijadikan teladan oleh para siswa dalam perilaku kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah, maupun di lingkungan masyarakat. Para siswa yang sifat sebelumnya mungkin sombong, egois dan kurang tata krama akan berubah meneladani gurunya, sehingga menjadi anak berakhlak mulia yang menghormati guru, orang tua, teman dan orang lain.

Senada Suwarmo Korwil Bidik Karangtengah turut mengapresiasi film Lembah Manah karya kepala sekolah muda SMPN 4 Karangtengah. Pesan moral film ini mampu memberikan edukasi perlunya berkarakter positif didalam kehidupan apalagi untuk generasi muda yang hidup di jaman global. Terlebih sebenarnya semua perilaku manusia akan menjadi pelajaran bagi manusia itu sendiri.

Film ini bisa menjadi ajang menggali potensi diri untuk para siswa dalam dunia akting yang selama ini belum terwadahi. Untuk para pendidik bisa menjadi motivasi untuk berkreasi dan berinovasi.

Baca Juga :  Siswa Dikma Pa PK TNI Akmil Magelang Gandeng SMPN 4 Selogiri Wonogiri Gelar Penyuluhan Psikologi dan Gerak Motorik Siswa

“Matur nuwun, film ini adalah konten yang mendidik untuk kemajuan generasi muda, anak-anak bangsa, khususnya yang ada di Desa Jeblogan Kecamatan Karangtengah Wonogiri,” sebut Kades Jeblogan Bambang Purwanto.

Suyatno selaku salah satu orang tua siswa Juga menyampaikan bahwa film Lembah Manah selain sebagai sarana hiburan juga mengandung pesan yang sangat mendidik khususnya bagi para pelajar. Serta berharap pembuatan film ini sebaiknya dilanjutkan karena dapat mendidik dan mengembangkan kreativitas. Selain itu sebagai orang tua dia juga menyampaikan rasa terima kepada SMPN 4 Karangtengah Wonogiri yang telah membuat film ini. Karena bisa mempertebal mental serta keberanian guna menjawab tantangan jaman yang akan datang.

Imam Safitri, Dian Anggraini dan Fajar Prasetyaning Utami, pemain film yang juga guru menyampaikan film ini memiliki pesan moral yang dalam dan menumbuhkan budi pekerti di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

Aris Anugerah Agusta pemain sekaligus guru berharap untuk kedepannya dapat membuat karya seni film yang dapat memajukan sekolah sekaligus dapat menampung minat dan bakat para siswa khususnya dalam hal berakting.

Hal serupa disampaikan oleh Wahyu Aji Setyawan dan Dwi Joko W yang merupakan pemeran tokoh Eko dan Reno mengungkapkan rasa bangganya karena terlibat langsung dalam film. Selain itu mereka juga sangat terkesan serta mendapatkan pengalaman hidup yang luar biasa.

Setelah melihat kesuksesan pembuatan film ini, ada ide positif dari Darmo N selalu WKS untuk diselenggarakan ekstra film pada tahun ajaran baru. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com