JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono saat ditemui di Gedung MK I, Jakarta Pusat pada Selasa (16/4/2024) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pilpres tahun 2024 ini merupakan pemilihan Presiden paling banyak memunculkan Amicus Curiae yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Juru Bicara MK, Fajar Laksono, pihaknya tengah merekap berapa banyak amicus curiae soal sengketa hasil Pilpres yang masuk ke MK.

Dia membenarkan, banyak berkas amicus curiae (sahabat pengadilan) yang masuk.

“Saya kira ini memang amicus curiae yang paling banyak, hari ini saja kami menerima lima amicus curiae,” ucap Fajar saat ditemui di Gedung MK I, Jakarta Pusat pada Selasa (16/4/2024)  malam.

Baca Juga :  Jokowi Tak Diundang di Rakernas V PDIP, Tapi Sejumlah Menterinya Diundang

Namun, Fajar tak menjelaskan lima amicus curiae itu dari siapa saja. Tapi berdasarkan catatan Tempo, sahabat pengadilan yang diserahkan ke MK pada hari ini di antaranya dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri serta BEM FH dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

“Baru kali ini–Pilpres 2004, 2009, 2014, 2019–baru kali ini yang amicus curiae-nya ada (banyak). Bahkan sebelumnya kan enggak ada,” ujar Fajar.

Baca Juga :  Daftar Jadi Bakal Calon Bupati Biak, Jack Komboy Bakal Jadikan Biak Salah Satu Destinasi Wisata

Barangkali, kata dia, perselisihan hasil pemilihan umum atau PHPU Pilpres itu sesuatu yang menarik. Namun dia enggan menafsirkan makna di balik banyaknya amicus curiae soal sengketa hasil Pilpres yang diterima MK.

Fajar melanjutkan, amicus curiae yang diterima akan diserahkan kepada majelis hakim konstitusi. Sebab, dokumen itu memang ditujukan untuk para hakim MK.

“Apakah dipertimbangkan atau tidak, ya itu otoritas hakim,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com