JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Nyalanesia Gandeng Pemerintah Daerah, Tingkatkan Literasi Sekolah

Nyalanesia menggandeng beberapa pemerintah daerah di Indonesia  untuk meningkatkan literasi sekolah. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Nyalanesia menggandeng beberapa pemerintah daerah di Indonesia  untuk meningkatkan literasi sekolah. Kerjasama yang diciptakan salah satunya menargetkan pembuatan produk buku.

Menurut Founder Nyalanesia Lenang Manggala kegiatan untuk meningkatkan literasi sekolah dikonsep dalam bentuk Festival Literasi Nasional (FLN) 2024. Kegiatan yang digelar tanggal 26-28 April 2024 tersebut termasuk penandatanganan kerja sama dengan tiga pemda.

“Kami melakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Pendidikan Maros, Dinas Pendidikan Kebumen, dan Dinas Pendidikan Berau. Tujuan dari kerja sama ini untuk pengembangan literasi antar lembaga,” ujarnya, Jumat (26/4/2024) malam.

Baca Juga :  Penulis Buku "Gibran The Next President" Akan Gugat EO yang Batalkan Peluncuran Bukunya, Dinilai Ketakutan dan Tidak Profesional

Lenang menambahkan, pihaknya mendampingi sekolah-sekolah di kabupaten-kabupaten tersebut untuk pelatihan literasi baca tulis, digital, menulis karya. Dari karya-karya tersebut kemudian diterbitkan menjadi buku.

“Tahun lalu kami sudah menerbitkan sebanyak 83.000 produk buku dari guru dan siswa. Buku yang berhasil mereka terbitkan ada yang berisi tentang puisi, artikel, dan cerpen,” bebernya.

Baca Juga :  Pulang ke Solo, Presiden Jokowi Bakal Jadi Saksi Pernikahan Keponakannya

Sementara itu, Nyalanesia menargetkan penerbitan sebanyak 123.000 bukh untuk tahun ini. Ditambahkan Ketua Pelaksana FLN 2024 Imam Subchan, program FLN memfasilitasi siswa dan guru untuk menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, serta akses pada program-program apresiasi.

“Program literasi dan peningkatan kompetensi, platform terintegrasi, dan pengembangan komunitas berbasis sharing economy adalah tiga pilar yang menjadi pondasi bagi

ekosistem Nyalanesia,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com